Survei Internal Reformasi Birokrasi Bidik Analisis Evaluasi dan Verifikasi Kinerja Kementerian PPN/Bappenas

Tim Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggelar Survei Internal Reformasi Birokrasi di Kementerian PPN/Bappenas, Selasa (3/11). Survei tersebut dilaksanakan dalam rangka evaluasi dan verifikasi kinerja kementerian/lembaga di lapangan. “Survei ini merupakan rangkaian dari dua survei besar yang kami laksanakan, yaitu survei birokrasi dan evaluasi akuntabilitas,” jelas Ketua Tim Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Nasional, Aan Syaiful Ambia.

Seratus jajaran pegawai dan pimpinan Kementerian PPN/Bappenas menjawab 22 pertanyaan yang terbagi dalam empat subkelompok pertanyaan. Pertama, budaya organisasi dan sistem anti korupsi yang menganalisis akuntabilitas kinerja. Kedua, integritas kerja terkait pengelolaan sumber daya manusia yang memfokuskan pembahasan pada timbulnya celah korupsi, kolusi, dan nepotisme. Ketiga, transparansi terkait integritas kerja dan pelaksanaan anggaran. Keempat, disiplin pimpinan dan organisasi terkait integritas kerja dan kesesuaian perintah atasan dengan aturan dan norma.

“Hasil analisis survei berupa laporan hasil berguna baik untuk Kementerian PPN/Bappenas maupun untuk stakeholders terkait persepsi anti korupsi,” terang beliau.