Sinergi Indonesia - Myanmar dalam Country Sharing of Experience on Planning & Budgeting

Kementerian PPN/Bappenas dan Ministry of National Planning and Economic Development Myanmar menggelar Country Sharing of Experience on Planning & Budgeting, Selasa (27/10).  Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur  Kerja Sama Pembangunan Internasional Tubagus Achmad Choesni dan Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerjasama Ekonomi Internasional Amalia Adininggar Widyasanti serta sejumlah pejabat Kementerian PPN/Bappenas lainnya. “Diskusi ini bisa menjadi wadah efektif untuk saling berbagi antara kedua negara terkait metode perencanaan dan penyusunan bujet untuk pembangunan,” tutur Direktur Choesni.

Delegasi Myanmar menjelaskan pendekatan pembangunan di negara  berpenduduk lebih dari 53 juta jiwa tersebut adalah pendekatan partisipasi. Salah satu fokus diskusi adalah kebijakan investasi. Sejak 2012, Myanmar  mulai menggenjot kedatangan investor luar negeri untuk berkontribusi terhadap perekonomian negara dengan syarat menanamkan modal selama minimal lima tahun.

Atas komitmen selama setengah dekade tersebut, Myanmar memberi hadiah bagi para investor asing beruba kebijakan bebas pajak selama periode berjalan. Setelahnya, investor bisa memperpanjang kontrak dengan membayar pajak hanya sebesar 50 persen.