Percepat Capaian TPB/SDGs Di Indonesia, Bappenas-Tanoto Foundation Sepakati Kerja Sama

JAKARTA – Kementerian PPN/Bappenas bersama Tanoto Foundation menandatangani Nota Kesepahaman dalam Bidang Analisis Perencanaan dan Kebijakan, serta Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dalam Rangka Mempercepat Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) di Indonesia pada 2030, Kamis (10/8) di Jakarta. Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Taufik Hanafi menekankan pentingnya peran berbagai pihak untuk mendukung percepatan pencapaian TPB/SDGs di Indonesia.

“Kementerian PPN/Bappenas terus berupaya mengakselerasi capaian TPB/SDGs di Indonesia dengan mendorong kerja sama multipihak dan khususnya meningkatkan kontribusi dan peran serta dari pihak nonpemerintah dalam pelaksanaan TPB/SDGs di Indonesia. Untuk itu, kerja sama dengan Yayasan Bhakti Tanoto ini menjadi salah satu upaya tersebut dan diharapkan dapat memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat Indonesia,” jelas Sesmen Taufik.

Kerja sama ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap kualitas pendidikan, penurunan stunting, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Program Director Pendidikan Dasar dari Tanoto Foundation Margaretha Ari Widowati menjelaskan upaya Tanoto Foundation dalam mendukung salah satu program prioritas pembangunan nasional. “Kerja sama ini merupakan langkah dari pihak Tanoto Foundation untuk memperkuat kolaborasi pihak filantropi untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam pencapaian TPB/SDGs ,” jelas Ari.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini memperkuat komitmen Kementerian PPN/Bappenas dan Tanoto Foundation dalam meningkatkan kapasitas ASN dan pemangku kepentingan lainnya melalui SDG Academy Indonesia. Berperan sebagai koordinator SDG Academy Indonesia, Kementerian PPN/Bappenas  didukung Tanoto Foundation dan UNDP Indonesia memastikan pelaksanaan TPB/SDGs di Indonesia.