Interview dengan Wartawan Cilik, Menteri Sofyan Djalil Ceritakan tentang Masa Kecil Hingga Kementerian PPN/Bappenas

Menteri PPN/ Kepala Bappenas Sofyan Djalil menerima tiga tamu spesial di ruang kerjanya, Rabu, 16 Desember 2015. Ketiganya adalah reporter cilik media anak dari Media Indonesia, yakni Agreeardi (11 tahun) dari SDN Julang Bogor, Faiza Safaturaya (10 tahun) dari SD Global Islamic School Jakarta dan  Aksila Indah Nurfiyani (9 tahun) dari SDN Kampung Bambu Tagerang.  Hasil wawancara ini, akan dimuat dalam artikel  dan buku tentang para pemimpin, yang akan dibagikan ke sekolah-sekolah.

Ketiganya menanyakan beragam pertanyaan untuk Menteri Sofyan, termasuk mengenai masa kecilnya. “Bagaimana masa kecil Bapak dulu, apakah benar dulu Bapak berjualan telur?” tanya Agreeardi, yang disambut tawa dari Menteri Sofyan.

Ia kemudian menceritakan masa kecilnya, yang memang dekat dengan alam. “Saya dulu lahir dan besar di desa. Main ke sawah, saat sore ngangon  kerbau, juga memelihara bebek yang saya jual telurnya,”  ujarnya. Masa kecilnya yang bahagia ini, ujar Menteri Sofyan, sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadiannya di masa depan.

Selain hal ini, para reporter cilik juga bertanya tentang peran Kementerian PPN/ Bappenas  dalam pembangunan nasional.

“Kementerian PPN/ Bappenas tidak bekerja sendirian, tapi melibatkan kementerian lain. Kami bekerja menerjemahkan visi Presiden, yakni Nawacita,” ujar Menteri Sofyan. Ia juga  menyebutkan, selama tiga bulan menjabat sebagai Menteri PPN/ Kepala Bappenas, salah satu fokus utamanya adalah melakukan perbaikan sistem yang selama ini berjalan.

Dalam interview yang berjalan selama kurang lebih 20 menit  ini, Menteri Sofyan juga berpesan agar para reporter cilik ini belajar dengan baik untuk masa depan mereka. “Karena suatu saat nanti generasi kalianlah yang akan memegang negara ini,” ujarnya.