Gelar Cemara Biking Fest, Bappenas Dorong Inovasi Desa Wisata Untuk Transformasi Ekonomi

TASIKMALAYA – Kementerian PPN/Bappenas melaksanakan pembangunan inklusif dan berkelanjutan melalui program Desa Cerdas, Mandiri, Sejahtera (Desa Cemara) untuk menanggulangi kemiskinan dan mewujudkan transformasi ekonomi. “Kami menurunkan mahasiswa melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Desa Cemara di Desa Taraju untuk mendukung percepatan transformasi ekonomi di Desa Taraju,” papar Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas Maliki dalam sesi diskusi Cemara Biking Fest, bersepeda menikmati keindahan alam melalui kolaborasi pemerintah pusat, daerah, dan perguruan tinggi di Desa Teraju, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (21/10).

Sejak 2020, Kementerian PPN/Bappenas telah mengupayakan intervensi percepatan penurunan kemiskinan lintas sektor di Desa Teraju dengan berkolaborasi bersama perguruan tinggi, dan berbagai mitra seperti Bank Indonesia cabang Tasikmalaya, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara, Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, dan Shopee Indonesia. Tahap awal dari intervensi ini dimulai dengan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi serta pemanfaatan data melalui Digitalisasi Monografi Desa/Kelurahan (DMD/K).

Implementasi DMD/K dilakukan melalui kerja sama perguruan tinggi dan mahasiswa dalam program MBKM Desa Cemara. Sejumlah upaya nyata intervensi tersebut meliputi pengembangan desa wisata, formulasi rencana, pelatihan dan pengembangan UMKM yang mencakup pembentukan kelompok usaha, legalitas, hingga sosialisasi kemitraan. Sebagai hasilnya, Desa Teraju berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yakni Juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 kategori Desa Digital dan Kreatif.

Selain transformasi ekonomi, inovasi desa wisata dan program Cemara di Desa Teraju akan mempertajam penerapan model ekonomi hijau. “Tidak hanya melakukan transformasi ekonomi saja, tetapi juga transformasi ekonomi hijau yang menerapkan prinsip-prinsip ekonomi sirkuler,” jelas Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas Vivi Yulaswati di sela Cemara Biking Fest Desa Teraju yang diselenggarakan sebagai upaya pemantauan dan konsolidasi program penurunan kemiskinan di tingkat desa serta menjadi ajang promosi pariwisata alam, seni dan budaya.