Terima Kunjungan DPRD Kediri, Kementerian PPN/Bappenas Jabarkan Peran Penting TPID

Direktur Keuangan Negara dan Analisa Moneter menerima kunjungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kediri di Kementerian PPN/Bappenas, Selasa (22/8). Dalam pertemuan yang dihadiri Ketua DPRD Kediri Sulkani beserta jajaran tersebut, Direktur Keuangan Negara dan Analisa Moneter Sidqi Lego Pangesthi Suyitno menjelaskan pentingnya peran Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam menganalisis dan mengendalikan laju inflasi di daerah.

“Kita perlu mengendalikan inflasi dari daerah karena sumbangannya pada laju inflasi cukup besar, mencapai 81 persen,” tutur beliau. Direktur Sidqi menambahkan, karakteristik inflasi di Indonesia masih cenderung bergejolak karena dipengaruhi sisi suplai yang seringkali terganggu oleh hambatan produksi, distribusi, hingga implementasi kebijakan pemerintah.

Pengendalian inflasi bisa terwujud dengan kerja sama antara Bank Indonesia dan pemerintah baik di tingkat pusat maupun di daerah. Dengan adanya harmonisasi dan sinkronisasi kebijakan, laju inflasi diharapkan mampu ditekan. “Inflasi yang rendah dan stabil pada ujungnya mampu mendukung kesejahteraan masyarakat,” tegas Direktur Sidqi.