Terima Duta Besar Prancis, Menteri Suharso Bahas Kerjasama Pendanaan hingga Pembangunan Ibu Kota Negara

Untuk meningkatkan kerja sama di Indonesia, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menerima kunjungan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard, Jumat (14/2), di Kantor Kementerian PPN/Bappenas. Kunjungan ini membahas tentang progres kerja sama pembangunan bilateral dan potensi kerja sama untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Selain itu, Menteri Suharso dengan Dubes Olivier Chambard juga membicarakan tentang fasilitas pendanaan yang ditawarkan oleh Pemerintah Prancis. Dubes Olivier Chambard menjelaskan bahwa Pemerintah Prancis menawarkan dua skema fasilitas pendanaan, yakni pinjaman concessional serta pinjaman pinjaman non-concessional. “Skema pendanaan yang Pemerintah Prancis tawarkan ialah untuk pembiayaan teknologi informasi dan komunikasi, lingkungan hidup terutama cuaca dan iklim, serta infrastruktur transportasi,” ujar beliau.

Selain itu, Dubes Olivier Chambard juga membawa pesan dari Agence Francaise de Developement (AFD) untuk menawarkan juga fasilitas kerja sama. “Fasilitas kerja sama ini berupa pinjaman proyek, pinjaman program, pinjaman langsung kepada BUMN (keuangan dan non Keuangan) dan sektor swasta, dan hibah Technical Assistance. Kami juga fokus menawarkan kerja sama di bidang green urban infrastructure (transportasi publik, air bersih dan sanitasi), energi baru dan terbarukan, riset, dan sektor kemaritiman terutama terkait Blue Ocean Economy seperti pelabuhan untuk perikanan,” tutup Dubes Olivier Chambard.