Menteri Sofyan: Bappenas Akan Lebih Fokus pada Persiapan Proyek

Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil menghadiri acara Investor Gathering yang diselenggarakan di Kementerian Keuangan, Senin, 7 Desember 2015. Dalam acara yang dihadiri oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, jajaran pimpinan kementerian keuangan dan sejumlah direksi BUMN ini, Menteri Sofyan menyebutkan bahwa Bappenas akan lebih fokus lagi dalam melakukan persiapan pra pelakasanaan proyek. "Hal ini karena project preparation memiliki implikasi yang luas," ujarnya.

Dengan meningkatkan fokus terhadap hal ini, ia optimis penyerapan anggaran akan lebih maksimal dan pembelanjaan anggaran akan lebih berkualitas. Pada pelaksanaan proyek di masa lalu, Menteri Sofyan menyebutkan kurangnya persiapan pra proyek menyebabkan pembelanjaan anggaran menjadi kurang maksimal. "Saya yakin, semua perencanaan di awal akan sangat mempengaruhi kualitas pembangunan," ujarnya.

Ke depannya, Menteri Sofyan menyebut Bappenas akan melakukan pembangunan dengan pendekatan corporate planning dan spasial. Dengan pendekatan corporate planning, harus dirumuskan target yang ingin dicapai sebelum menentukan proyek. Sementara dengan pendekatan spasial, proyek di satu wilayah harus mendapat dukungan semua Kementerian. "Dengan sinkronisasi ini, target yang dituju bisa dicapai,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Keuangan juga memberikan pandangannya mengenai kondisi investasi di Indonesia yang dipengaruhi oleh kondisi perekonomian dunia yang kurang cerah di tahun ini. “Meskipun tahun 2016 diprediksi akan lebih  baik dari tahun ini, kita harus tetap berhati-hati, "ujar Bambang.  Senada dengan Menteri Bambang, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan kebijakan yang dihasilkan seharusnya memiliki sifat yang prudent. “Yaitu kebijakan yang berhati-hati tapi tidak kehilangan daya ungkit dalam perekonomian,” ujarnya.