Kementerian PPN/Bappenas Selenggarakan Diskusi Kerangka Program KOMPAK

Kementerian PPN/Bappenas menggelar Diskusi Kerangka Program KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan), sebuah program kolaborasi antara Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia yang dimulai sejak Januari 2015 lalu. Program tersebut bertujuan untuk  mewujudkan peningkatan akses dan kualitas pelayanan dasar dan peningkatan kesempatan ekonomi bagi masyarakat Indonesia dalam rangka pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

“Kita harus menentukan jangka waktu tertentu misalnya empat atau tujuh tahun pertama agar kontribusi dan performa KOMPAK bisa terukur dengan baik,” tutur Kepala Subdirektorat Pemetaan Penduduk Miskin Agus Mansur  di sela penyelenggaraan diskusi di Kementerian PPN/Bappenas, Senin (5/10).

KOMPAK mengusung tiga strategi utama. Pertama, membantu pemerintah menyelaraskan kembali insentif kinerja dan membangun sistem untuk pelayanan dasar. Kedua, membantu pemerintah membangun struktur masyarakat dan desa yang mendukung pembangunan berbasis masyarakat. Ketiga, membantu pemerintah meningkatkan pilihan pekerjaan di luar bidang pertanian.


Komentar (0)

Tinggalkan Komentar