Kementerian PPN/Bappenas Gelar Kajian Monitoring dan Evaluasi Kesiapan Strategi Adaptasi Perubahan Iklim Pantura

Kementerian PPN/Bappenas menggelar Kajian Monitoring dan Evaluasi terhadap Kesiapan Strategi Adaptasi Perubahan Iklim pada Sektor Transportasi di Koridor Pantura Pulau Jawa, Selasa (2/11). Sejumlah narasumber hadir dalam kajian tersebut, di antaranya Staf Ahli Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur Pungky Sumadi, Penasehat Teknis Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API) Budhi Setiawan, Perwakilan JICA Budi Setyawan, dan Perwakilan GIZ-SUTIP Muhammad Nanang Prayudyanto.

“FGD diharapkan mampu mengidentifikasi isu strategis, tantangan perencanaan dan pelaksanaan program, serta respon pemerintah, operator dan pengguna dalam menghadapi perubahan iklim pada sektor transportasi,” papar beliau.

Langkah adaptasi perubahan iklim di koridor Pantura tersusun atas empat program, yakni transportasi laut NCICD Jakarta, transportasi laut polderisasi Semarang, transportasi laut pembangunan terminal Teluk Lamong, dan transportasi peninggian rel kereta Semarang. “Kami ingin mengintegrasikan kegiatan di kementerian/lembaga agar bisa juga dilakukan di daerah,” jelas Penasehat Teknis RAN-API Budhi Setiawan.