Apresiasi Perencanaan Berkualitas, Kementerian PPN/Bappenas Berikan Penghargaan Pembangunan Daerah

Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020, Kementerian PPN/Bappenas memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), anugrah evaluasi kreatif dalam bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah. Tahap penilaian PPD meliputi penilaian dokumen RKPD dan inovasi, presentasi dan wawancara, serta verifikasi dan kunjungan lapangan. Merebaknya pandemi Covid-19, berdampak pada beberapa perubahan tahap penilaian, antara lain tahap presentasi dan wawancara dilakukan melalui video conference, serta tahap verifikasi dan kunjungan lapangan ditiadakan.

PPD diberikan kepada pemerintah daerah yang terbagi dalam tiga kategori. Peraih PPD kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik di tingkat Provinsi predikat pertama diraih oleh Jawa Tengah, sedangkan Bengkulu mendapatkan predikat terbaik kedua, dan Jawa Timur mendapatkan predikat terbaik ketiga. Adapun PPD kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik di tingkat Kabupaten, predikat pertama diraih oleh Kabupaten Temanggung, predikat terbaik kedua diraih oleh Kabupaten Poso, dan predikat terbaik ketiga diraih oleh Kabupaten Bangka.

Sedangkan, untuk kategori terakhir yaitu Perencanaan dan Pencapaian Terbaik di tingkat Kota, predikat terbaik pertama diraih oleh Kota Semarang, predikat terbaik kedua diraih oleh Kota Yogyakarta, dan predikat terbaik ketiga diraih oleh Kota Padang. Pengumuman pemenang PPD ini disaksikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Suharso juga jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju melalui video conference Musrenbangnas 2020.

Untuk meningkatkan kualitas perencanaan, Musrenbangnas 2020 menitikberatkan pada pembahasan 20 peringkat usulan terpilih yang menjadi prioritas pembangunan daerah di masing-masing provinsi. Pendalaman terhadap usulan tersebut telah melalui serangkaian proses, di antaranya Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) di Jakarta pada 3-4 Maret yang dihadiri Gubernur dan Kepala Bappeda Provinsi seluruh Indonesia. Dalam forum tersebut telah dilakukan penyampaian Major Project dan proyek prioritas kepada daerah serta penyampaian usulan proyek prioritas daerah yang mendukung pelaksanaan Major Project oleh para Gubernur.

Usulan tersebut kemudian dibahas secara mendalam dalam Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) di Surabaya pada 3-6 Maret dan Bandung pada 10-13 Maret dengan melibatkan Kemendagri, K/L terkait, serta Bappeda Provinsi. Selanjutnya pelaksanaan Musrenbang Provinsi pada 6-29 April, serta Pembukaan Musrenbangnas hari ini, serta persidangan online per provinsi yang akan berlangsung 4-11 Mei guna menjaring seluruh masukan daerah yang akan dituangkan ke Rancangan RKP 2021 untuk disahkan Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden.


Komentar (0)

Tinggalkan Komentar