Choose Language
id us

Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan

October 12th, 2012 11:42 am

datadaninformasi.jpg

Telepon: (021) 310 1863 ext . 1218, 1548
Faksimili: (021) 319 34973 
Email Pusat: pusdatin[at]bappenas.go.id
Kepala Pusat: Suharmen, S.Kom, MSi
Email Kepala Pusat: suharmen[at]bappenas.go.id


Tugas Pokok & Fungsi

 

Sesuai dengan Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas RI Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian PPN/Bappenas.

 

Pasal 569

  1. Pusat Data dan Informasi Perencana Pembangunan adalah unsur penunjang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional melalui Sekretaris Utama.
  2. Pusat Data dan Informasi Perencana Pembangunan di pimpin oleh seorang kepala.

Pasal 570

Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan mempunyai tugas melaksanakan penyediaan dan pengembangan prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), pengumpulan dan pengelolaan dokumen, arsip, kepustakaan, data dan Informasi, dukungan teknis penyusunan dokumen perencanaan dan laporan pelaksanaan rencana pembangunan, serta pengoordinasian pengembangan jaringan Informasi dan perpustakaan untuk menunjang perencanaan pembangunan.

Pasal 571

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 570, Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan menyelenggarakan fungsi:
 
  1. penyediaan dan pemeliharaan prasarana TIK;
  2. pengembangan sistem informasi dan tata kelola TI;
  3. pengumpulan dan pengelolaan bahan pustaka, arsip, data dan informasi untuk menunjang perencanaan pembangunan;
  4. penyajian data dan informasi, publikasi perencanaan pembangunan, serta dukungan teknis penyusunan dokumen perencanaan dan laporan pelaksanaan rencana pembangunan;
  5. pengelolaan perpustakaan dan pengembangan jaringan perpustakaan;
  6. pelaksanaan evaluasi prasarana TIK, sistem informasi, kepustakaan, dan kearsipan;
  7. pelaksanaan pengoordinasian dalam penyajian basis data, informasi, dan penentuan platform TIK sebagai sarana untuk mendukung perencanaan pembangunan; dan
  8. pelaksanaan administrasi pusat.

Pasal 572

Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan terdiri atas:
  1. Bidang Prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi;
  2. Bidang Pengembangan Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi;
  3. Bidang Pengelolaan Data dan Informasi Elektronik;
  4. Bidang Perpustakaan dan Kearsipan; dan e. Subbagian Tata Usaha.

Pasal 573

Bidang Prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas melaksanakan penyediaan, pemeliharaan dan pendayagunaan prasarana teknologi informasi dan komunikasi, termasuk prasarana dokumentasi dan perpustakaan, untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pasal 574

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 573, Bidang Prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi menyelenggarakan fungsi :
 
  1. penyusunan rencana kerja prasarana TIK;
  2. penyediaan, pemeliharaan, dan pendayagunaan prasarana TIK;
  3. penyiapan pengembangan kerjasama dengan lembaga lain dalam pendayagunaan prasarana TIK;
  4. penyiapan pengoordinasian untuk pendayagunaan prasarana TIK;
  5. pelaksanaan evaluasi prasarana TIK.

Pasal 575

Bidang Prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi terdiri dari :

  1. Sub Bidang Pengembangan Prasarana TIK; dan
  2. Sub Bidang Pemeliharaan Prasarana TIK.

Pasal 576

  1. Sub Bidang Pengembangan Prasarana TIK mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pengembangan prasarana TIK serta melaksanakan kerjasama dengan lembaga lain.
  2. Sub Bidang Pemeliharaan Prasarana TIK mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pemeliharaan dan perbaikan prasarana TIK, serta pelayanan pemanfaatannya.

Pasal 577

Bidang Pengembangan Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi mempunyai tugas melaksanakan pengembangan sistem informasi dan pengembangan tata kelola teknologi informasi untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.


Pasal 578

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 577, Bidang Pengembangan Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi menyelenggarakan fungsi:
 
  1. penyusunan rencana kerja pengembangan sistem informasi dan tata kelola Teknologi Informasi;
  2. pengembangan, uji coba, dan operasionalisasi serta pemeliharaan sistem informasi;
  3. pelaksanaan evaluasi tata kelola teknologi dan sistem informasi;
  4. pengembangan tata kelola Teknologi Informasi dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Teknologi Informasi.

Pasal 579

Bidang Pengembangan Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi terdiri atas:

  1. Sub Bidang Pengembangan Sistem Informasi; dan
  2. Sub Bidang Pengembangan Tata Kelola Teknologi Informasi.

Pasal 580

  1. Sub Bidang Pengembangan Sistem Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pengembangan, uji coba, dan operasionalisasi, serta pemeliharaan sistem informasi yang sejalan dengan pengembangan Teknologi Informasi.
  2. Sub Bidang Pengembangan Tata Kelola Teknologi Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan tata kelola teknologi informasi, penyusunan standar operasional prosedur, dan melakukan evaluasi sistem informasi, serta meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia terkait dengan pengembangan Teknologi Informasi.

Pasal 581

Bidang Pengelolaan Data dan Informasi Elektronik mempunyai tugas melaksanakan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan data dan informasi elektronik melalui kerjasama dengan pihak sumber dan pengguna data dan informasi, melakukan penyajian data dan informasi elektronik, serta menyiapkan dukungan teknis penyusunan dokumen perencanaan dan laporan pelaksanaan rencana pembangunan.

Pasal 582

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 581, Bidang Pengelolaan Data dan Informasi Elektronik menyelenggarakan fungsi:
 
  1. penyusunan rencana kerja pengelolaan data dan informasi elektronik;
  2. pengumpulan, pemeliharaan, pemutakhiran serta penyajian data dan informasi elektronik;
  3. pelaksanaan kerjasama dengan Kementerian/Lembaga dan sumber data lainnya dalam rangka penyediaan data dan informasi untuk menunjang perencanaan pembangunan;
  4. penyajian data dan informasi elektronik;
  5. penyiapan dukungan teknis penyusunan dokumen perencanaan dan laporan pelaksanaan rencana pembangunan; dan
  6. pelaksanaan evaluasi pengelolaan data dan informasi elektronik.

Pasal 583

Bidang Pengelolaan Data dan Informasi Elektronik terdiri atas:
 
  1. Sub Bidang Pengumpulan Data dan Informasi Elektronik; dan
  2. Sub Bidang Penyajian Data dan Informasi Elektronik.

Pasal 584

  1. Sub Bidang Pengumpulan Data dan Informasi Elektronik mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pengumpulan, pemutakhiran, pemeliharaan, dan pengelolaan data dan informasi elektronik;
  2. Sub Bidang Penyajian Data dan Informasi Elektronik mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyajian data dan informasi elektronik serta menyiapkan dukungan teknis penyusunan dokumen perencanaan dan laporan pelaksanaan rencana pembangunan.

Pasal 585
 
Bidang Perpustakaan dan Kearsipan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan, penataan, pengendalian, dan pembinaan kegiatan kearsipan, serta pelayanan perpustakaan di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pasal 586

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 585, Bidang Perpustakaan dan Kearsipan menyelenggarakan fungsi:
 
  1. penyusunan rencana kerja pengelolaan perpustakaan dan kearsipan;
  2. pengumpulan dokumen dan pengadaan berbagai literatur serta publikasi lainnya, baik berupa peraturan perundang-undangan, laporan, statistik, peta, surat kabar, dan buku-buku literatur serta naskah lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional;
  3. pengoordinasian pengelolaan dan pengumpulan arsip dari unit-unit kerja di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional;
  4. penyiapan pengembangan kerjasama dengan lembaga lain terkait dalam hal pembinaan Sumber Daya Manusia kearsipan di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional;
  5. pengoordinasian pembinaan Sumber Daya Manusia kearsipan di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional; dan
  6. pelaksanaan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan kearsipan dan keperpustakaan di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
 
Pasal 587

Bidang Perpustakaan dan Kearsipan membawahi kelompok jabatan fungsional arsiparis.

Pasal 588

Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan penyusunan dan tata kelola kegiatan serta melaksanakan urusan persuratan, dokumentasi, perlengkapan, dan rumah tangga bagi Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan.


Komentar

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.


Kajian

Mitra kerja

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2018 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved