Choose Language
id us

Penguatan Pelayanan Kesehatan Dasar di Puskesmas

October 17th, 2018 10:41 am

 

 Penguatan-Pelayanan-Kesehatan-Dasar-di-Puskesmas.jpg


Penguatan  upaya  kesehatan  dasar  (primary  health  care)  yang  berkualitas merupakan salah satu arah kebijakan kesehatan dalam RPJMN 2015-2019. Namun,  akses  dan  mutu  pelayanan  kesehatan  dasar  saat  ini  masih  belum menjangkau  seluruh  penduduk,  terutama  di  daerah  tertinggal,  terpencil  dan kepulauan (DTPK). Sementara itu, tantangan pembangunan kesehatan terus meningkat  mencakup  transisi  demografi  dan  epidemiologi,  serta  perubahan kebijakan  dan  tata  kelola  seperti  desentralisasi,  pelaksanaan  JKN,  dan pemenuhan SPM. Pelayanan kesehatan dasar yang dilakukan oleh Puskesmas, sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan dasar, masih tetap relevan untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Oleh karena itu, perlu dirumuskan kebijakan  dan  strategi  penguatan  pelayanan  kesehatan  dasar  di  Puskesmas melalui  pelaksanaan  Kajian  Komprehensif  Penguatan  Pelayanan  Kesehatan Dasar di Puskesmas pada tahun 2017.

Buku ini disusun berdasarkan hasil kajian yang mencakup analisis kapasitas dan  kesiapan  Puskesmas  menjalankan  peran  dan  fungsinya  sesuai  peraturan yang berlaku dan dalam menghadapi berbagai tantangan strategis yang ada, serta  rumusan  rekomendasi  strategi  kebijakan  untuk  penguatan  pelayanan kesehatan dasar ke depan. Adapun rekomendasi strategi penguatan pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas mencakup penegasan tugas pokok dan fungsi, memperkuat  kelembagaan,  memperkuat  SDM  Puskesmas,  meningkatkan efektivitas  pembiayaan,  pengelolaan  logistik  obat  dan  alat  kesehatan, peningkatan  manajemen  dan  mutu  pelayanan  Puskesmas,  serta  kebijakan afirmasi bagi Puskesmas di DTPK.

Dalam jangka pendek, hasil kajian ini dapat segera memecahkan masalah- masalah  operasional  pelaksanaan  pelayanan  kesehatan  dasar  di  Puskesmas. Dalam jangka menengah dan jangka panjang, hasil kajian ini berguna sebagai masukan untuk merumuskan RPJMN 2020-2024.

 

Download Dokumen: pdf-icon.png

 

 

 

583

Artikel Terkait

Komentar

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.


Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved