Choose Language
id us

 

Perkembangan Ekonomi Makro (Bulanan)

 


Perkembangan Ekonomi Makro Bulan Januari 2021



Ringkasan:


Pemulihan perekonomian global secara umum berjalan lebih baik dari prediksi pasar. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan triwulan IV tahun 2020 berbagai negara yang semakin membaik. Vietnam dan Tiongkok menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi positif pada triwulan IV tahun 2020. Indonesia sendiri masih mengalami kontraksi ekonomi meskipun tidak sedalam triwulan sebelumnya. Salah satu sektor yang terpukul paling dalam adalah pariwisata dengan penurunan wisatawan mancanegara tahun 2020 sebesar 75 persen. Pandemi Covid-19 juga menurunkan pendapatan masyarakat dengan peningkatan pengangguran. Tingkat kemiskinan juga meningkat pada September 2020.


Download Selengkapnya

Perkembangan Ekonomi Makro Bulan Oktober 2020



Ringkasan:


Pertumbuhan ekonomi global mulai menunjukkan perbaikan pada triwulan III dibandingkan triwulan sebelumnya, mendorong perbaikan harga komoditas. Perekonomian Indonesia juga membaik meskipun masih terkontraksi secara YoY. Aktivitas pariwisata dalam negeri masih tertekan dan kinerja kini bergantung pada wisatawan domestik.


Download Selengkapnya

Perkembangan Ekonomi Makro Bulan September 2020



Ringkasan:


Tiongkok dan Amerika Serikat kembali bersitegang setelah Amerika Serikat menyambangi Taiwan. Di sisi lain, Tiongkok juga bersitegang dengan India menyusul konflik di perbatasan dan menyiagakan militernya. Bank Indonesia dan bank sentral Tiongkok menyepakati kerangka kerjasama penggunaan mata uang lokal dalam perdagangan bilateral. Dari dalam negeri, Gubernur DKI Jakarta memutuskan untuk kembali memperketat pelaksanaan PSBB seiring dengan meningkatnya kasus baru yang semakin tinggi yang berdampak.


Download Selengkapnya

Perkembangan Ekonomi Makro Bulan Agustus 2020



Ringkasan:


Sebagian besar Negara melaporkan terjadi kontradiksi dan perlambatan ekonomi yang kian parah pada triwulan kedua tahun 2020  seiring penerapan lockdown. Sementara itu, gelombang kedua Covid-19 mulai bermunculan di beberapa negara seperti Vietnam dan Korea Selatan. Kasus di Indonesia sendiri juga semakin tinggi sejalan dengan pelonggaran PSBB. Kondisi saat ini masih memberi tekanan pada ekonomi dan daya beli masyarakat. Pada bulan Agustus 2020, kembali terjadi deflasi di Indonesia.


Download Selengkapnya

Perkembangan Ekonomi Makro Bulan April 2020



Ringkasan:


Perekonomian global tertekan pandemi yang tak kunjung mereda. Ketidakpastian ini terus menggerus harga berbagai komoditas. Di sisi lain, pasar keuangan global telah melewati masa kritisnya dan bergerak lebih stabil meskipun belum menunjukkan tanda akan kembali pada level sebelum pandemi terjadi. Perekonomian domestik lesu seiring dengan pengurangan aktivitas di berbagai sektor. Pulihnya perekonomian dalam negeri bergantung pada kecepatan dalam mengurangi penyebaran agar aktivitas kembali berjalan normal.


Download Selengkapnya

Perkembangan Ekonomi Makro Bulan Maret 2020



Ringkasan:


Penyebaran Covid-19 telah menjangkau lebih banyak negara, termasuk Indonesia. Pada Maret 2020, penambahan kasus baru di Tiongkok sebagai negara sumber pandemi, sudah pada level yang sangat rendah dan mulai menjalankan aktivitas perekonomian. 


Download Selengkapnya

Perkembangan Ekonomi Makro Bulan Februari 2020



Ringkasan:


Covid-19 telah menyebar begitu cepat di berbagai kota di Tiongkok bahkan negara lainnya. Beberapa negara mulai memberikan  peringatan  keadaan  darurat  akan  wabah  ini.  Dampaknya,  berbagai  acara  dibatalkan,  aktivitas dikurangi,  dan  mulai  dilakukan  isolasi  beberapa  tempat.  Kondisi  tersebut  membawa  kepanikan  global  yang berdampak pada pasar keuangan dan harga komoditas.  


Download Selengkapnya

Perkembangan Ekonomi Makro Bulan Agustus 2019



Ringkasan:


Bank sentral Amerika memutuskan untuk menurunkan suku bunga sebesar 25 bps pada akhir Juli 2019. Pemangkasan yang tidak begitu agresif dan isyarat tidak ada penurunan suku bunga dalam waktu dekat meleset dari perkiraan pasar The Fed akan memangkas suku bunga secara agresif. Pemangkasan suku bunga oleh The Fed kemudian diikuti dengan penurunan suku bunga oleh beberapa negara, termasuk Indonesia. Bank Indonesia kembali menurunkan suku bunga sebesar 25 bps. 


Download Selengkapnya

Perkembangan Ekonomi Makro Bulan Juli 2019



Ringkasan:


Perundingan dagang yang dilakukan antara Amerika Serikat dan Tiongkok belum menemukan titik tengah. Perundingan masih terus diagendakan, membuat pelaku pasar menunggu dalam ketidakpastian. Sikap Amerika yang mudah berubah membuat pelaku pasar sulit menebak arah kebijakannya. Namun, investor masih optimis akan hasil perundingan antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Di sisi lain, pelaku pasar juga menanti keputusan pemotongan suku bunga oleh The Fed pada akhir bulan Juli.


Download Selengkapnya

Perkembangan Ekonomi Makro Bulan Juni 2019



Ringkasan:


Meningkatnya probabilitas pemangkasan suku bunga oleh The Fed hingga pertengahan bulan Juni 2019 direspon sebagian besar negara dengan menurunkan suku bunga acuannya. Malaysia dan Filipina telah menurunkan suku bunga pada bulan Mei sedangkan Australia dan India memangkas suku bunga pada bulan Juni masing-masing sebesar 25 bps. Beberapa stakeholder di Indonesia mendesak Bank Indonesia melakukan hal yang sama untuk mendorong ekspansi dunia usaha. Pada tanggal 17 Juni 2019, The Fed memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga. 


Download Selengkapnya

sebelum 12 sesudah
16122

Artikel Terkait

Komentar

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2021 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved