Choose Language
id us

 

Perkembangan Ekonomi Makro (Bulanan)

 


Perkembangan Ekonomi Makro Bulan Juli 2019



Ringkasan:


Perundingan dagang yang dilakukan antara Amerika Serikat dan Tiongkok belum menemukan titik tengah. Perundingan masih terus diagendakan, membuat pelaku pasar menunggu dalam ketidakpastian. Sikap Amerika yang mudah berubah membuat pelaku pasar sulit menebak arah kebijakannya. Namun, investor masih optimis akan hasil perundingan antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Di sisi lain, pelaku pasar juga menanti keputusan pemotongan suku bunga oleh The Fed pada akhir bulan Juli.


Download Selengkapnya

Perkembangan Ekonomi Makro Bulan Juni 2019



Ringkasan:


Meningkatnya probabilitas pemangkasan suku bunga oleh The Fed hingga pertengahan bulan Juni 2019 direspon sebagian besar negara dengan menurunkan suku bunga acuannya. Malaysia dan Filipina telah menurunkan suku bunga pada bulan Mei sedangkan Australia dan India memangkas suku bunga pada bulan Juni masing-masing sebesar 25 bps. Beberapa stakeholder di Indonesia mendesak Bank Indonesia melakukan hal yang sama untuk mendorong ekspansi dunia usaha. Pada tanggal 17 Juni 2019, The Fed memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga. 


Download Selengkapnya

Perkembangan Ekonomi Makro Bulan Mei 2019



Ringkasan:


Perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok kembali terekskalasi. Amerika Serikat menaikkan bea impor atas barang dari Tiongkok sebesar 25 persen, sementara Tiongkok membalas dengan menaikkan bea impor barang dari Amerika Serikat sebesar USD60 miliar per 1 Juni. Akibatnya, harga minyak jatuh semakin dalam didorong oleh kekhawatiran akan terjadinya penurunan permintaan terkait perang dagang yang kembali dimulai.


Download Selengkapnya

176

Artikel Terkait

Komentar

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved