Choose Language
id us

Majalah Perencanaan Pembangunan



Filter Actions
  • 10 per page
  • 5 per page
  • 3 per page
  • View All

Majalah Triwulan - Edisi 02/Tahun XVI/2010

Pada akhir Maret lalu, World Economic Forum bekerjasama dengan INSEAD menerbitkan The Global Information Technology Report 2009–2010. Penerbitan Laporan ini dimaksudkan untuk membangun daya saing global melalui pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). ICT telah menjadi pilar penting dari ekonomi kompetitif yang berlangsung saat ini, meningkatkan kualitas kehidupan, dan membuka peluang dalam banyak aspek kehidupan. ICT tidak hanya penting bagi negara maju untuk memacu inovasi dan daya saing jangka panjangnya, tetapi juga bagi negara berkembang dalam menjalani transformasi struktural, meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesenjangan digital, ekonomi, dan sosialnya.

Majalah Triwulan - Edisi 01/Tahun XVI/2010

Pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah bersama masyarakat telah menghasilkan banyak kemajuan seperti yang kita rasakan saat ini. Namun, tidak dapat ditutupi bahwa kemiskinan masih banyak terlihat di sekitar kita. Di kota-kota besar mana pun kita berada, kita melihat sekolompok masyarakat dalam keadaan sangat miskin.Menurut BPS, jumlah penduduk miskin ada sebanyak 32,5 juta jiwa (Maret 2009). Betapapun bangga dengan kemajuan yang kita capai, jumlah penduduk miskin yang banyak ini menyadarkan kita bahwa Indonesia masih termasuk negara berkembang berpendapatan rendah.

Majalah Triwulan - Edisi 01/Tahun XVII/2011

Beberapa tahun yang lalu, Indonesia diantisipasi akan masuk ke dalam kelompok negara BRIC (Brazil, Rusia, India, dan China) yaitu negara-negera berkembang yang maju (emerging countries). Namun dalam sidang tahunan BRIC kali ini, justru Afrika Selatan yang diundang masuk ke dalam kelompok itu. Manfaat memasukkan Indonesia mungkin tidak cukup besar untuk mengangkat kekuatan tawar BRIC dalam berhadapan dengan kelompok negara maju G-8. Beda dengan Afrika Selatan, walaupun dari jumlah penduduk dan besaran PDB berada di bawah Indonesia, namun Afrika Selatan dianggap mewakili negara-negara Afrika, sehingga semua benua kini terwakili dalam BRICS.

Majalah Triwulan - Edisi 02/Tahun XVII/2011

Esensi pembangunan adalah keseluruhan aktivitas yang berjalan secara simultan, meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, guna mencapai tujuan ke arah perubahan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Dalam pembangunan, keseluruhan aktivitas tersebut tentunya harus didukung oleh kebijakan pembangunan, sehingga menjadi pedoman yang representatif dalam peningkatan nilai tambah dan upaya pencapaian perubahan. Persoalan pembangunan di Indonesia tentu bukanlah sebuah persoalan pembangunan secara fisik saja, akan tetapi untuk mencapai sebuah perubahan perlu adanya nilai-nilai pembangunan secara multidimensi.

Majalah Triwulan - Edisi 01/Tahun XIX/2013

Dalam edisi Perencanaan Pembangunan kali ini dibicarakan beragam topik mengenai pengentasan kemiskinan. Topik-topik berkisar mulai dari peranan pertumbuhan dalam pengentasan kelompok miskin, bagaimana perubahan struktur perekonomian berdampak bagi kelompok masyarakat miskin,serta ragam inovasi yang dapat dilakukan dalam mendorong kelompok ini menjadi lebih sejahtera.

Majalah Triwulan - Edisi 02/Tahun XIX/2013

Pembangunan selalu mengandung masalah yang sebagiannya kompleks, luas, dan seolah tak selesai pembahasannya. Upaya untuk memahami pembangunan sering tidak mudah, namun perlu terus didorong. Perencanaan Pembangunan edisi ini menghadirkan berbagai permasalahan pembangunan. Topik yang disajikan berkisar pada Sumber Daya Manusia dan Desentralisasi.

Majalah Triwulan - Edisi 03/Tahun XIX/2013

Quo Vadiz Pariwisata? Demikian judul yang diangkat dalam Majalah Perencanaan Pembangunan edisi kali ini. Secarasederhana Quo Vadiz Pariwisata dapat di Indonesiakan sebagai Kemanakah arah pembangunan kepariwisataan di Indonesia? Data menunjukkan potensi pariwisata di Indonesia masih belum dioptimalkan, berdasarkan laporan yang dimuat dalam The Travel and Tourism Competitiveness Report 2013, peringkat daya saing pariwisata nasional berada pada rangking ke 70 dari 140 negara. Peringkat ini masih di bawah Singapura (10), Malaysia (34), dan Thailand (43).

Majalah Triwulan - Edisi 01/Tahun XX/2014

Edisi kali ini memuat pemikiran perihal bagaimana menuju kemandirian pangan 2015-2025, sebagai ulasan utama berkenaan dengan kebijakan impor komoditi pangan dan dampaknya terhadap kedaulatan pangan nasional. Pemerintah memang mengawal pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat, namun lebih dalam perspektif yang bersifat reaktif, cemas terhadap gejolak yang mungkin diO mbulkan akibat kurangnya pangan dan peningkatan harga pangan nasional. Budhi Santoso menawarkan strategi menahan alih fungsi lahan, memanfaatkan lahanlahan sub opO mal, dan meningkatkan kegiatan peneliO an dan pengembangan pertanian pangan selama 10 tahunan ke depan menuju akhir rencana jangka panjang nasional.

Majalah Triwulan - Edisi 02/Tahun XX/2014

Topik pertama Perencanaan Pembangunan edisi kali ini adalah mengenai Ketahanan Energi. Indonesia mengalami permasalahan ketahanan energi yang makin serius, dan ini seharusnya mendorong kita melakukan kajian yang lebih intensif mengenai topik mengenai topik yang akan makin hangat ini. Tulisan Hanan Nugroho memberikan gambaran mengenai permasalahan ketahanan energi yang sedang kita hadapi, serta memberikan rekomendasi awal mengenai strategi yang perlu diterapkan untuk membantu kita mengatasi permasalahan itu.

No results found

jPList Actions
  • 3 per page
  • 5 per page
  • 10 per page
  • View All
  • Sort by
  • Title A-Z
  • Title Z-A
  • Description A-Z
  • Description Z-A
  • Likes asc
  • Likes desc
  • Date asc
  • Date desc

 

 

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved