Choose Language
id us

Berita Kerjasama

Workshop Jurnalistik “Meliput Perubahan Iklim”

August 15th, 2016 3:25 pm


JAKARTA – Satuan Kerja Kementerian PPN/Bappenas, Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) mengadakan lokakarya jurnalistik “Meliput Perubahan Iklim” di Hotel Aryaduta, Senin (15/8).

Acara tersebut diadakan bagi lima tim/individu penulis, lima proposal terbaik ICCTF Media Fellowship 2016. Lima proposal terpilih ini akan direalisasikan menjadi liputan media yang kredibel, valid dan dapat dipercaya serta didukung data yang kuat. 

“Jadi, saya berharap ada satu di antara lima grup ini yang nantinya bisa meliput dalam acara COP ke-22 UNFCCC yang diselenggarakan di Maroko. Dalam acara ini, perwakilan tersebut akan meliput konferensi dunia yang terkait perubahan iklim serta dapat menyuarakan komitmen Indonesia tentang pentingnya penanganan perubahan iklim,” ujar Plt. Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas Wahyuningsih Darajati.

Tujuan diselenggarakannya lokakarya  jurnalistik ini di antaranya untuk memberikan pembekalan dan pengayaan pengetahuan jurnalistik kepada para pengusul proposal terbaik, termasuk untuk penajaman angle, penambahan narasumber yg perlu dihubungi dan pengembangan data awal untuk peliputan.

“Dengan adanya workshop jurnalistik, semoga dapat memperkaya perspektif jurnalis dalam membuat liputan perubahan iklim sebelum terjun untuk meliput ke lapangan serta dapat menjalin komunikasi antar para mentor, para pengusul proposal terbaik, serta ICCTF dan Bappenas dalam penanganan perubahan iklim,” papar Wahyuningsih.

Pembicara lainnya yang hadir dalam lokakarya jurnalistik ini di antaranya Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr. Soetomo sekaligus Redaktur Senior ANTARA Priyambodo RH, Redaktur Senior Kompas Brigitta Isworo Laksmi dan Redaktur Senior Tempo Untung Widyanto.

Dalam kiprahnya ke depan, ICCTF berkontribusi untuk meraih tujuan ke-13 Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Aksi dalam Perubahan Iklim. ICCTF memiliki tiga fokus area, yaitu (1) Mitigasi Berbasis Lahan, (2) Energi dan (3) Ketahanan dan Adaptasi.

“Saya pun berharap semoga tulisan-tulisan yang nantinya ditulis oleh teman-teman dan dimuat di media dapat menggugah semua masyarakat untuk secara langsung maupun tidak langsung mengikuti upaya-upaya yang menjadi komitmen pemerintah,” jelas Wahyuningsih di akhir sambutan.

943

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved