Choose Language
id us

Berita Utama

Webinar #1 Road to IDF 2021: Bappenas Bahas Peran Revitalisasi Industri untuk Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

July 29th, 2020 7:31 pm


JAKARTA – Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Webinar #1 Road to Indonesia Development Forum 2021 yang mengusung tema “Prospek Pemulihan Ekonomi melalui Revitalisasi Industri” pada Rabu (29/7). Webinar ini adalah salah satu rangkaian acara menuju Indonesia Development Forum (IDF) 2021, ajang tahunan yang berperan sebagai wadah bagi pelaku pembangunan di sektor publik, swasta, dan nirlaba untuk bertukar gagasan, ide, dan inovasi yang dapat berguna sebagai landasan penyusunan kebijakan pembangunan. IDF menciptakan diskursus konstruktif untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan industri yang mampu menggerakkan transformasi struktural serta memastikan hasil-hasil pembangunan merata, inklusif, dan berkelanjutan. Upaya ini sejalan dengan pemenuhan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) khususnya Tujuan 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi dan Tujuan 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur.

“Harapannya, hasil diskusi IDF ini berkontribusi pada akselerasi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini, termasuk bagaimana menciptakan industri, pariwisata dan sektor ekonomi lainnya yang akan membawa Indonesia kepada pemulihan ekonomi. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 menargetkan pertumbuhan ekonomi mencapai 6,0 persen dan pertumbuhan industri yang lebih tinggi lagi hingga 6,5 persen per tahun. Tantangan terbesar untuk mencapai target ini adalah adaptasi kebijakan dalam merespons perubahan struktur perekonomian global yang juga mempengaruhi pola produksi dan pola konsumsi masyarakat serta pandemi Covid-19 yang memperlambat laju ekonomi,” ujar Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur Josaphat Rizal Primana dalam pengantarnya.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Bambang Prijambodo membahas prospek pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 dari sudut pandang tantangan akselerasi pertumbuhan ekonomi yang tak hanya menjadi pekerjaan rumah bagi Indonesia, tetapi juga seluruh dunia. “Aktivitas ekonomi dan perdagangan dunia saat ini masih relatif turun meski ada perbaikan di Juni. Semua negara di dunia mengalami penurunan, termasuk resesi yang sudah dialami sejumlah negara. Pemerintah berupaya mempercepat pemulihan ekonomi sekaligus mereformasi sosial seperti sistem kesehatan, pendidikan, dan ketahanan bencana. Tiga langkah pokok sekaligus motor percepatan pemulihan ekonomi pada 2021 yaitu menggerakkan industri, investasi, dan pariwisata,” jelas Deputi Bambang.

Pelaksanaan Webinar #1 Road to Indonesia Development Forum 2021 “Prospek Pemulihan Ekonomi melalui Revitalisasi Industri” ini menggantikan IDF 2020 yang ditunda pelaksanaannya ke tahun mendatang demi mencegah penyebaran Covid-19. Tema IDF 2020 akan tetap menjadi landasan dalam penyusunan tema IDF 2021. Webinar yang terdiri atas dua sesi yakni (1) Strategi Pemerintah Mengenai Pemulihan Ekonomi Melalui Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan dan (2) Potensi Penyiapan Kawasan Industri untuk Menarik Relokasi Investasi ke Indonesia ini turut menghadirkan Direktur Industri Permesinan dan Alat Permesinan Pertanian Kementerian Perindustrian Herman Supriadi, Ketua Umum Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia F. Tirto Kusnadi, Peneliti Senior CSIS Indonesia Fajar Bambang Hirawan, Direktur Pengembangan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi Kementerian PPN/Bappenas Ahmad Dading Gunadi, Direktur Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian Ignatius Warsito, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar, Associate Director Indonesia Country Representative Asia Group Advisors Lauren Adams, serta Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik Kementerian PPN/Bappenas Eka Chandra Buana.

499

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//