Choose Language
id us

Berita Kerjasama

UN Partnership for Development Framework (UNPDF) 2016-2020 Fokus pada Empat Pokok Prioritas

November 27th, 2015 10:13 am


Dokumen penandatanganan Kerangka Kerja Kemitraan Pembangunan Indonesia-PBB atau Indonesia-UN Partnership for Development Framework (UNPDF) 2016-2020 diteken Indonesia dan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk mengukuhkan komitmen dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan sesuai dengan Sustainable Development Goals.

UNPDF 2016-2020 fokus pada empat pokok prioritas. Pertama, Prioritas 1, yakni pengurangan dan upaya pengentasan kemiskinan, pembangunan berkelanjutan yang adil, mata pencaharian dan pekerjaan yang layak, dengan fokus pada bidang pertanian, perikanan, dan ketahanan pangan, ketenagakerjaan dan hubungan industrial. Kedua, Prioritas 2, yakni kesetaraan akses pelayanan dan perlindungan sosial, dengan fokus pada perlindungan sosial, pengurangan kekerasan terhadap perempuan, kesehatan termasuk stunting, kematian ibu dan bayi, gizi buruk, reproduksi dan keluarga berencana, air bersih dan sanitasi, serta pendidikan dan tumbuh kembang anak.

Ketiga, Prioritas 3, kelestarian lingkungan dan penguatan ketahanan terhadap bencana, dengan fokus pada perlindungan lingkungan, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, dan penanggulangan bencana. Keempat, Prioritas 4, Peningkatan tata kelola dan kesetaraan akses keadilan untuk semua dengan fokus opada pengembangan kapasitas lembaga pemerintah, pemerintahan demokratis, akses ke peradilan, dan pemberantasan korupsi.

Tiap-tiap pokok UNPDF 2016-2020 tersebut merespon konteks pembangunan Indonesia dan RPJMn 2015-2019 dengan lima bidang lintas sektor prioritas, yakni hak asasi manusia, kesetaraan jender, pemerintahan demokratis, akses ke peradilan, dan pemberantasan korupsi.

836

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//