Choose Language
id us

Berita Utama

Tutup Pra Musrenbangnas 2015, Menteri Andrinof Tekankan Sinergi Perencanaan Pusat dan Daerah

May 4th, 2015 2:54 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menutup kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2015. Pelaksanaan acara pendahulu Musrenbangnas 2015 tersebut ditujukan agar program dan kegiatan prioritas nasional yang tertuang dalam Nawa Cita dapat diselaraskan dengan program dan kegiatan usulan daerah dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2016.

“Musyawarah yang telah kita lakukan hendaknya dipandang dalam perspektif yang lebih luas, yaitu sebagai proses melakukan sinergi dan harmonisasi perencanaan pusat dan daerah dalam mencapai prioritas nasional” tutur Menteri Andrinof di Hotel Bidakara, Selasa (28/4).

Hasil Pra Musrenbangnas 2015 akan ditindaklanjuti dengan dua langkah penting untuk pembangunan. Pertama, Kementerian dan Lembaga (K/L) menindaklanjuti kesepakatan dalam pembahasan selama Pra Musrenbangnas untuk digunakan sebagai bahan utama penyusunan rencana kerja. Kedua, pemerintah daerah menggunakan hasil serupa untuk bahan pertimbangan utama penyusunan program dan kegiatan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2016.

Menteri Andrinof mengimbau pemerintah daerah untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dalam setiap diskusi mengenai pembangunan dan isu strategis lainnya. Salah satunya, dengan memanfaatkan teknologi video conference atau telewicara yang relatif membutuhkan biaya terjangkau, namun menghasilkan masukan yang sangat berharga meski dengan keterbatasan ruang dan waktu. Sebelumnya, Menteri Andrinof beberapa kali menyapa peserta Musrenbangprov melalui video conference. “Maksimalkan segala sarana untuk selalu melancarkan komunikasi antar pemangku kepentingan,” papar beliau.

Dalam kesempatan yang sama, Kementerian PPN/Bappenas turut menyerahkan peraih Terbaik II dan Terbaik III atas Penghargaan Provinsi Terbaik Dalam Pencapaian Sasaran MDGs 2015 dengan empat kategori, yakni Provinsi dengan Laju Pencapaian MDGs Terbaik 2012-2014, Provinsi dengan Tingkat Pencapaian MDGs Tertinggi 2014, Provinsi dengan Pengentasan Kemiskinan Terbaik 2012-2014 dan Provinsi dengan Pencapaian Indikator MDGs Terbanyak 2012-2014. “Penghargaan ini sebagai apresiasi bagi daerah sekaligus pemicu semangat untuk membangun lebih baik lagi,” pungkas Menteri Andrinof.

700

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//