Choose Language
id us

Berita Kerjasama

Tingkatkan Kerja Sama Bilateral, Australia Segera Buka Konsulat Jenderal di Makassar

July 8th, 2015 9:06 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menerima lawatan Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson di Kementerian PPN/Bappenas, Rabu (8/7). Dalam paparannya, Dubes Paul mengungkapkan keinginan Australia untuk menjajaki kerja sama lebih intens dengan Indonesia, khususnya terkait pembangunan ekonomi. “Sepuluh tahun terakhir, kerja sama Indonesia dan Australia terjalin sangat baik, saatnya melakukan peningkatan,” tutur beliau.

Menteri Andrinof menyatakan, Indonesia tengah fokus untuk memperkuat struktur ekonomi melalui upaya peningkatan kapasitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pembangunan daerah tertinggal dan wilayah timur Indonesia, penyeimbangan pembangunan intra dan interregional dan sejumlah langkah strategis lain.

“Indonesia fokus pada sektor strategis seperti maritim, kedaulatan pangan, energi, industri, dan turisme,” ujar beliau.

Terkait pembangunan wilayah tertinggal, Australia mengaku tertarik untuk melebarkan sayap kerja sama ke timur Indonesia. Sebagai langkah konkret, Australia akan membuka Konsulat Jenderal (Konjen) di Makassar, Sulawesi Selatan. “Konjen tersebut tidak hanya fokus pada bisnis tetapi juga mencakup perkembangan infrastruktur di Indonesia bagian timur,” tukas Dubes Paul.

Selain kerja sama di bidang pembangunan fisik, Australia juga mengajukan kerja sama di bidang pembangunan sosial terutama menjadikan pendidikan sebagai prioritas. Menteri Andrinof menjelaskan, selain pendidikan formal, Indonesia juga tengah giat mengimplementasikan pendidikan vokasi. “Pemerintah berupaya meningkatkan kemampuan pekerja agar mampu berkompetisi dalam industri,” tegas beliau.

664

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//