Choose Language
id us

Berita Utama

Tahun Depan, Pemerintah Siapkan Dana untuk Pembangunan Infrastruktur Kabupaten

September 29th, 2015 1:25 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil  menuturkan rencana konkret pemerintah dalam mewujudkan Nawa Cita butir ketiga, yakni membangun dari daerah dan pinggiran. Di 2016 mendatang, pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar Rp 100 miliar bagi kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia. Langkah tersebut diambil mengingat tahun depan merupakan tahun perwujudan pembangunan bagi daerah dan masyarakat kelas menengah bawah.

“Dana ini untuk membangun infrastruktur publik di daerah," papar Menteri Sofyan kala menggelar berbincang bersama awak media di Kementerian PPN/Bappenas, Jum’at (25/9). Mengenai mekanisme mengalirnya dana, beliau menjelaskan dana tersebut akan dialokasikan dalam kanal Dana Alokasi Khusus (DAK).

Meski demikian, dana tersebut tak akan dibagi rata kepada ratusan kabupaten di setiap penjuru nusantara mengingat kebutuhan satu kabupaten berbeda dengan kabupaten lainnya.

Kabupaten yang bertengger di peringkat atas dalam daftar penerima dana tersebut adalah kabupaten yang memiliki indeks kebutuhan infrastruktur terbesar. Kriteria tersebut diiringi aspek demografis seperti jumlah penduduk serta sisi geografis yakni luas wilayah kabupaten.

Untuk mencegah dana  mengendap karena absennya kecakapan pemerintah daerah dalam menggunakan uang negara, Menteri Sofyan menyebut Kementerian Keuangan berdedikasi untuk melaksanakan pelatihan pada berbagai lapisan pejabat daerah seperti kepala desa hingga bupati. Sebab, pembangunan infrastruktur berdampak langsung pada lapangan kerja. "Kami memfokuskan diri pada penciptaan tenaga kerja," tutupnya.

614

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//