Choose Language
id us

Sharing Knowledge Dengan Pemerintah Bangladesh Bahas Program Kemiskinan

May 25th, 2016 6:08 pm


JAKARTA - Kementerian PPN/Bappenas menerima kunjungan Pemerintah Bangladesh pada Jumat (13/05) di Ruang Rapat Bappenas dalam rangka berbagi pengetahuan (sharing knowledge) tentang program penanggulangan kemiskinan yang berjalan di kedua negara. Diskusi dipimpin oleh Pelaksana Tugas Direktur Penanggulangan Kemiskinan Maliki yang didampingi oleh Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Miskin Woro Srihastuti Sulistyaningrum.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan berbagi pengetahuan antara antara program Agribusiness for Trade Competitiveness Project (ATC-P) atau lebih dikenal dengan sebutan Program Katalyst yang diselenggarakan Pemerintah Bangladesh dengan program sejenis yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia yaitu Australia-Indonesia Partnership for Promoting Rural Income Through Support for Markets in Agriculture (AIP-PRISMA) yang merupakan program kerjasama dengan Pemerintah Australia.

Kedua program ini sama-sama bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat miskin terutama petani dengan menggunakan pendekatan yang disebut Making Markets Work for the Poor (M4P). Melalui pendekatan M4P ini, peningkatan kesejahteraan petani miskin dicapai dengan bekerjasama dengan sektor swasta untuk membuka atau memperluas akses petani kepada pasar input dan pasar output sehingga terjadi peningkatan produktivitas dan daya saing petani secara sistemik dan berkesinambungan.

"Kedatangan Pemerintah Bangladesh bersama Katalyst kali ini ingin melihat implementasi kegiatan program PRISMA di Indonesia. Kebetulan Pemerintah Bangladesh memiliki program yang serupa yaitu Katalyst, namun isu-isu dan tantangannya tentu berbeda karena konteksnya pun berbeda antara Indonesia dan Bangladesh. Jadi ini semacam pertukaran informasi," jelas Maliki.

Sebelum berkunjung ke Bappenas, Delegasi Bangladesh telah menyambangi beberapa kabupaten di Jawa Timur untuk melihat intervensi PRISMA di sektor jagung (di Sumenep) dan sektor sapi ( di Tuban). Maliki berharap dari pertemuan ini masing-masing negara dapat saling belajar dan menyerap hal-hal terbaik dalam perencanaan dan pelaksanaan program di lapangan.

Dalam pertemuan ini hadir Delegasi Bangladesh antara lain, Project Director ATC-P (Katalyst) and Joinst Secretary Ministry of Commerce MD Ashraf Ali, Deputy Chief Ministry of Commerce MD Musleh Uddin dan Head of Capitalization Katalyst Project Nasir Uddin Ahmed. Selain itu hadir pula perwakilan dari Australian Government - Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) yaitu Unit Manager DFAT Naomi Cook dan Program Manager DFAT Sarah Ayu.

965

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//