Choose Language
id us

Berita Utama

Selamat Kepada Para Pemenang Penghargaan Pangripta Nusantara dan MDGs!

May 11th, 2016 6:23 pm


JAKARTA (11/5) – Mengapresiasi kinerja pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang berprestasi dalam merencanakan pembangunan, Kementerian PPN/Bappenas mempersembahkan Anugerah Pangripta Nusantara 2016. Pemenang terbaik pertama dari masing-masing kategori diumumkan di acara Penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2016 yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/5). Sebelumnya, pemenang terbaik kedua dan ketiga telah diumumkan dan diserahkan penghargaannya bertepatan dengan perhelatan Pembukaan Musrenbangnas 2016 yang digelar 20 April lalu. “Prestasi ini dapat memotivasi semua pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di daerah masing-masing,” tutur Menteri Sofyan.

Pemberian Anugerah Pangripta Nusantara telah berlangsung sejak 2011. Proses seleksi serta indikator penilaian terus disempurnakan dari tahun ke tahun. Pada 2016, Pejabat Eselon I dan II Kementerian PPN/ Bappenas serta Tim Penilai Independen yang beranggotakan para ahli lintas bidang bertugas untuk menyeleksi provinsi/kabupaten/kota dengan menilai dokumen perencanaan dan proses perencanaan pembangunan. Provinsi memiliki tiga kategori, yakni 1) Provinsi dengan Perencanaan Terbaik; 2) Provinsi dengan Perencanaan Inovatif; dan 3) Provinsi dengan Perencanaan Progresif. Kabupaten/kota memiliki dua kategori, yaitu 1) Kabupaten/kota dengan Perencanaan Terbaik; dan 2) Kabupaten/kota dengan Perencanaan Inovatif.

Kategori dengan Perencanaan Terbaik dinilai dengan menggunakan dua belas parameter, yaitu keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, keterukuran, inovasi kebijakan, proses perencanaan dari bawah (bottom up), proses perencanaan dari atas (top down), proses perencanaan teknokratik, proses perencanaan politik, inovasi proses dan program daerah, tampilan dan materi presentasi, dan kemampuan presentasi dan penugasan materi. Kategori Perencanaan Progresif ditetapkan berdasarkan konsistensi naiknya nilai total seluruh parameter perencanaan selama tiga tahun terakhir dan nilai peningkatan total terbesar. Kategori Perencanaan Inovatif ditetapkan dengan kriteria inovasi kebijakan dan inovasi proses dan program daerah.

Selain Anugerah Pangripta Nusantara, Kementerian PPN/Bappenas juga memberikan Penghargaan Millenium Development Goals (MDGs) 2016 kepada daerah yang berprestasi dalam melaksanakan indikator MDGs. Penghargaan tersebut memiliki empat kategori, yakni 1) Pencapaian Indikator MDGs Terbaik Tahun 2013-2015; 2) Pengentasan Kemiskinan Terbaik Tahun 2013-2015; 3) Laju Pencapaian MDGs Terbaik Tahun 2013-2015; dan 4) Tingkat Pencapaian MDGs Tertinggi Tahun 2015.


Berikut daftar Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2016:

1. Kategori Kab/Kota dgn Perencanaan Terbaik
   - Terbaik I: Kota Batu
   - Terbaik II: Denpasar
   - Terbaik III: Donggala

2. Kategori Provinsi dgn Perencanaan Terbaik
   - Terbaik I: DKI Jakarta
   - Terbaik II: Jawa Barat
   - Terbaik III: DI Yogyakarta

3. Kategori Provinsi dgn Perencanaan Inovatif: DKI Jakarta

4. Kategori Kab/Kota dgn Perencanaan Inovatif: Donggala

5. Kategori Provinsi dgn Perencanaan Progresif: Gorontalo


Berikut daftar Pemenang Penghargaan MDGs:

1. Pencapaian Indikator MDGs Terbaik Tahun 2013-2015
   - Terbaik I: DKI Jakarta
   - Terbaik II: Bali
   - Terbaik III: Gorontalo

2. Pengentasan Kemiskinan Terbaik Tahun 2013-2015
   - Terbaik I: Sulawesi Tengah
   - Terbaik II: Maluku
   - Terbaik III: Papua Barat

3. Laju Pencapaian MDGs Terbaik Tahun 2013-2015
   - Terbaik I:  NTB
   - Terbaik II:  Gorontalo
   - Terbaik III: Aceh

4. Tingkat Pencapaian MDGs Tertinggi Tahun 2015
   - Terbaik I: DKI Jakarta
   - Terbaik II: Bali
   - Terbaik III: Yogyakarta

6945

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//