Choose Language
id us

Berita Pembangunan

Sains45 Agenda Ilmu Pengetahuan Indonesia Menyongsong Satu Abad Kemerdekaan

April 26th, 2016 5:19 pm


JAKARTA – Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembangunan  Ir. Bambang Prijambodo, MA selaku Ketua Tim Visi Indonesia 2045 dan 2085 menerima kunjungan Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Prof. Sangkot Marzuki dan ilmuwan-ilmuwan muda yang tergabung dalam Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) pada hari Rabu (20/4) lalu di Kementerian PPN/Bappenas.

Pertemuan ini digagas dalam rangka menangkap aspirasi ilmuwan terhadap Visi Indonesia 2085 dan Visi 100 tahun Indonesia 2045, yang sedang disusun oleh Kementerian PPN/Bappenas.

Adapun ilmuwan-ilmuwan muda yang tergabung dalam ALMI antara lain, Prof. Jamaluddin Jompa, Dr. Hasnawati Saleh, Dr. Roby Muhamad, Dr. Eng. Yudi Darma, Dr. Aiyen B. Tjoa, dan Dr. Ronny Martien turut hadir dalam pertemuan tersebut.

AIPI dan ALMI mempresentasikan SAINS45 Agenda Ilmu Pengetahuan Indonesia Menyongsong Satu Abad Kemerdekaan. SAINS45 berbentuk pertanyaan-pertanyaan yang terinspirasi dan dijiwai oleh identitas ke-Indonesiaan dan ideologi Pancasila. Dokumen tersebut disusun dalam sebuah usaha untuk memaparkan ilmu pengetahuan sebagai metodologi, kerangka berpikir, dan budaya yang tumbuh dan perlu dikembangkan dalam konteks Indonesia.

Direktur Industri, IPTEK, dan Parekraf Kementerian PPN/Bappenas Dr. Mesdin Simarmata yang mengepalai Koordinator Pokja Teknologi dan Ekonomi ikut menghadiri pertemuan ini, sekaligus perwakilan dari Knowledge Sector Initiative (KSI).

Di akhir pertemuan Bambang Prijambodo menyampaikan keinginannya untuk meneruskan informasi mengenai SAINS45 kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, dan mengharapkan Sangkot Marzuki dapat terlibat dan berkontribusi sebagai tim eksternal untuk Tim Visi Indonesia 2045 dan 2085.

720

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//