Choose Language
id us

Berita Utama

Rangkaian Acara Pembukaan Musrenbangnas 2019: High Level Plenary Talkshow

May 9th, 2019 9:27 pm


JAKARTA – Untuk menjabarkan secara lebih detail arah kebijakan pemerintah ke depan, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan High Level Plenary Talkshow yang menghadirkan para Menteri Kabinet Kerja dalam rangkaian acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020, Kamis (9/6).

High Level Plenary Talkshow tersebut terdiri atas tiga sesi yaitu sesi Menteri Koordinator, sesi Pembangunan Manusia, dan sesi Percepatan Pembangunan. Sesi pertama merupakan Talkshow Menteri Koordinator yang melibatkan Menteri Koordinator bidang Politik, hukum dan Keamanan; Menteri Koordinator  bidang Perekonomian; serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Sesi ini menekankan pada peran Kementerian Koordinator dalam memfasilitasi koordinasi antar institusi serta memastikan birokrasi yang efektif, terlebih dalam upaya mempercepat pembangunan, untuk meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, pembangunan kemaritiman, perekonomian, serta politik, pertahanan dan keamanan.

Talkshow berikutnya adalah sesi Pembangunan Manusia dengan menghadirkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Menteri Kesehatan, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri PAN dan RB.

Sesi ini menekankan pada upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran termasuk memperbaiki kualitas pendidik, penguatan pendidikan karakter dan budaya literasi, sumbangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemerataan pelayanan kesehatan antar-wilayah, pendidikan dan pelatihan vokasi untuk penyiapan tenaga kerja, serta profesionalitas ASN.

Sesi terakhir merupakan talkshow Sesi Percepatan Pembangunan, dengan Narasumber antara lain Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Menteri Perhubungan. Pada sesi ini menekankan upaya untuk pengelolaan infrastruktur, termasuk infrastruktur perkotaan, percepatan pembangunan ekonomi daerah, penguasaan teknologi 4.0, konektivitas antar-wilayah, serta kesinambungan fiskal.

 “Dalam ketiga sesi tersebut, disampaikan beberapa upaya yang akan dilakukan masing-masing sektor dalam mempercepat upaya pembangunan di seluruh pelosok Indonesia. Tentunya, berbagai upaya yang telah disebutkan tadi, akan diselaraskan dengan pembangunan di tingkat daerah. Setelah sesi pembukaan Musrenbangnas hari ini, selama tiga hari ke depan, seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah akan melakukan pembahasan dan penajaman program, kegiatan dan proyek prioritas pembangunan", ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

112

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//