Choose Language
id us

Berita Utama

Prinsip, Parameter, dan Pilar Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas

May 21st, 2015 1:48 pm


Dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, Kementerian PPN/Bappenas menggelar Seminar Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas, Rabu (20/5). Hadir menjadi narasumber dalam acara tersebut, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Deputi Bidang Kemiskinan, Ketenagakerjaan dan Usaha Kecil Menengah Rahma Iryanti, Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah, dan Staf Khusus Menteri PPN/Bappenas Sonny B. Harmadi. Dalam sambutan pembuka, Menteri Andrinof memaparkan tiga aspek penting yakni prinsip, parameter, dan pilar  dalam mencapai kualitas pertumbuhan ekonomi.

Menteri Andrinof menegaskan, prinsip pertumbuhan ekonomi berkualitas adalah pemanfaatan sumber daya untuk kemakmuran manusia dan masyarakat, tanpa menimbulkan kerugian akibat pembangunan. “Jangan sampai merusak lingkungan atau menghabiskan sumber daya energi,” papar beliau.

Agar tak menyalahi prinsip kemakmuran rakyat, pertumbuhan ekonomi harus memperhatikan parameter yang tepat, yakni pertumbuhan ekonomi harus tumbuh berkelanjutan dan berkesinambungan. Selain itu, pertumbuhan ekonomi harus mampu menyediakan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat. Semua sektor juga harus dibangun sehingga mampu memberikan multiplier effect yang lebih besar. “Dengan begitu, masyarakat secara luas dapat merasakan manfaat dari adanya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,” tegas Menteri Andrinof.

Prinsip dan parameter tersebut diimplementasikan dalam strategi pembangunan dengan mengedepankan tiga pilar utama. Pertama, membangun untuk manusia dan masyarakat. Kedua, upaya peningkatan kesejahteran, kemakmuran, produktivitas tidak boleh menciptakan ketimpangan yang makin melebar. Ketiga, aktivitas pembangunan tidak boleh merusak, menurunkan daya dukung lingkungan dan keseimbangan ekosistem.

543

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//