Choose Language
id us

Berita Utama

Presiden Jokowi: Infrastruktur untuk Pembangunan Berkualitas

May 4th, 2015 3:11 pm


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2015 yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (29/4). Dalam pidato pembuka, Presiden Jokowi menyebut tantangan pembangunan nasional adalah memprioritaskan program pro rakyat dan menunjukkan perubahan yang sesuai dengan Agenda Prioritas Nasional atau Nawa Cita.

Untuk itu, presiden mengajak jajaran pemerintahan untuk  memprioritaskan pengembangan sektor pangan, kemaritiman, pengelolaan energi, pengembangan industri, mendorong pertumbuhan daerah, pengembangan kawasan perbatasan negara, dan percepatan daerah tertinggal, serta memprioritaskan investasi pariwisata.

Hal lain yang juga harus diperhatikan yaitu menyediakan infrastruktur yang memadai, mengembangkan potensi sumber daya alam dan manusia agar menjadi modal utama dalam mendorong pembangunan ekonomi nasional, serta melakukan efisiensi anggaran dengan mempertimbangkan sektor yang menjadi prioritas pembangunan serta menjadikan semangat revolusi karakter atau revolusi mental sebagai pedoman pemerintahan.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago serta para pimpinan lembaga negara, para menteri dan anggota Kabinet Kerja, pimpinan dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Staf Kepresidenan, perwakilan DPR, para gubernur, serta para bupati dan wali kota, Menteri Andrinof mengatakan pemenuhan ketersediaan infrastruktur merupakan salah satu prasyarat utama. Pada akhir 2016, ekonomi diharapkan akan tumbuh sebesar 6,6 persen dengan inflasi terkendali pada kisaran 4,0 persen. Pada akhir 2016, tingkat kemiskinan diharapkan terus menurun hingga mencapai 9–10 persen dengan tingkat pengangguran sebesar 5,2–5,5 persen, dan rasio pajak (tahun dasar 2010) sebesar 13,3 persen.

Rangkaian acara Musrenbangnas 2015 turut diselingi dengan acara pemberian Anugerah Pangripta Nusantara 2015 kepada 13 pimpinan daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Pemenang dipilih berdasarkan evaluasi terhadap dokumen perencanaan pembangunan. Selain itu, Kementerian PPN/Bappenas juga memberikan anugerah penghargaan khusus terkait kualitas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

980

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//