Choose Language
id us

Berita

Posisi Vital Informasi Geospasial Bagi Perencanaan Pembangunan Indonesia

August 23rd, 2016 3:35 pm


JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro berkunjung ke Badan Informasi Geospasial (BIG) pada Selasa (23/8) yang terletak di Cibinong, Jawa Barat. Dalam kunjungan tersebut Menteri Bambang berharap BIG dapat berperan atas kebijakan Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan Kebijakan Satu Peta atau One Map Policy.

“Badan Informasi Geospasial harus berperan aktif dalam kegiatan One Map Policy. Tanggung jawab yang diemban BIG sebagai pelaku utama dari One Map Policy sangat penting mengingat nantinya hanya akan ada satu peta acuan,” jelas Menteri Bambang.

BIG yang dulu bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional sebelumnya berada di bawah Kementerian Rist, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Lalu, berdasarkan Pasal 4 Peraturan Presiden RI No. 127 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden No. 94 Tahun 2011 tentang Badan Informasi Geospasial, Kementerian PPN/Bappenas diberi mandat sebagai koordinator BIG.

“Saat ini BIG tepat di bawah koordinasi bappenas, sehingga informasi yang dihasilkan BIG dapat mempertajam proses penyusunan kebijakan/policy perencanaan pembangunan, terutama jika dilihat dari sisi spasial,” papar Menteri Bambang.

Sesuai amanat Presiden Jokowi, salah satu bidang penting yang terdampak atas informasi geospasial dalam Kebijakan Satu Peta adalah pertanian, khususnya pada prosuksi padi atau beras. Selama ini dalam penambahan luas cetak sawah hanya berdasarkan pada konversi jumlah rupiah untuk perkiraan berapa hektar yang akan di bangun.

Untuk itu, Menteri Bambang menyebut Kementerian PPN/Bappenas akan berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan BIG untuk kemungkinan kegiatan verifikasi data, seperti contoh hal-hal yang berkaitan dengan pencetakan sawah baru.

“Badan Informasi Geospasial dapat memverifikasi akurasi data yang digunakan untuk membuat lahan pertanian baru. Selain itu, kebijakan One Map Policy dapat bermanfaat untuk identifikasi titik-titik kebakaran hutan dan sebagai acuan perencanaan kegiatan/program Kementerian/Lembaga,” tutur Menteri Bambang.

Menteri Bambang dalam kunjungannya juga meninjau Geospatial Support Command Centre (GSCC) BIG yang menjadi rumah bagi Ina-Geoportal dan pengolahan data informasi geospasial dasar. Beliau mengapresiasi dan memberikan tantangan kepada BIG untuk membuat data informasi geospasial yang akurat.

1358

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2018 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved