Choose Language
id us

Peringatan Hari Sumpah Pemuda: Saatnya Pemuda Indonesia Mendunia

October 28th, 2016 5:01 pm


JAKARTA (28/10) – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-88 yang jatuh pada Jumat, 28 Oktober 2016, pemuda Indonesia siap lepas landas untuk mendunia. Pada 2014, Badan Pusat Statistik (BPS) melansir data demografi yang mencantumkan jumlah pemuda di Indonesia mencapai 61,8 juta orang atau 24,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang. Sesuai dengan Undang-undang No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, pemuda adalah golongan dengan rentang usia antara 16-30 tahun.

Secara kuantitas, angka 24,5 persen ini cukuplah besar. Plus, Indonesia segera menyongsong era bonus demografi pada 2020-2035, di mana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yaitu mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk Indonesia yang diprediksi sebesar 297 juta jiwa. Rasio sederhananya, dapat digambarkan bahwa  di setiap 100 penduduk Indonesia, ada 64 orang yang berusia produktif, sisanya 46 orang adalah usia anak-anak dan lansia.

Bonus demografi menjadi peluang yang sangat strategis bagi Indonesia untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi. Syaratnya, negara membutuhkan pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia. Anak muda dapat berdaya untuk berkreasi sekretif mungkin untuk Indonesia. Data BPS menyebutkan bahwa Industri Kreatif hari ini menyumbang tidak kurang dari 7 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Sebuah kontribusi yang tidak bisa dianggap kecil di tengah pelambatan ekonomi dunia.

Maka, Peringatan Hari Sumpah Pemuda harus dimaknai sebagai hari kebangkitan anak muda Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, pemuda-pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran Bangsa Indonesia, terutama di mata dunia. Tugas kita semua untuk menjadikan Bonus Demografi ini memiliki makna bagi percepatan pembangunan di Indonesia.

Mari kita buktikan dalam sejarah Indonesia, untuk kesekian kalinya pemuda Indonesia menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia. Bonus demografi menjadi kesempatan kita satu-satunya untuk memastikan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia. Di depan mata kita, ada Masyarakat Ekonomi Asean dan Perdagangan bebas Asia dan dunia. Saatnya Pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia!

1659

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//