Choose Language
id us

Berita Utama

Penutupan Pembukaan Musrenbangnas 2019: Teknologi dan Inovasi Tinggi untuk Indonesia Berdaya Saing Tinggi

May 9th, 2019 9:31 pm


JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan kemajuan teknologi dan inovasi tinggi dalam melaksanakan pembangunan perlu ditingkatkan agar dapat mewujudkan Indonesia menjadi negara dengan PDB terbesar kelima di dunia. “Terobosan dan inovasi harus dilakukan antara lain yaitu penggunaan teknologi digital, nano technology, cloud technology, telemedicine dan drone; energi baru terbarukan; tata kota modern; konektivitas digital dan virtual; revolusi industri 4.0; mass rapid transport; tenaga kerja berkompetensi global; serta dukungan perijinan cepat  dan perijinan cepat dengan dukungan teknologi. Intinya Indonesia akan memanfaatkan teknologi dan inovasi tinggi bagi pembangunan” ujar Menteri Bambang saat menyampaikan Laporan Penutupan Pembukaan Musrenbangnas 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis 96/9).

Inovasi dan percepatan pembangunan dengan memanfaatkan teknologi canggih menghasilkan berbagai keberhasilan. “Pembangunan infrastruktur yang masif telah membuka ketertinggalan di berbagai daerah, pengembangan transportasi massal seperti MRT berdampak pada menurunnya kerugian ekonomi akibat kemacetan dan polusi, penggunaan teknologi telah menumbuhkan berbagai alternatif baru seperti munculnya perusahaan start-up nasional berbasis digital dan virtual, telemedicine mempermudah pelayanan kesehatan dengan mendekatkan penerima layanan dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Beberapa kondisi ini harapannya dapat terus dipertahankan, bahkan akan ditingkatkan pada RPJMN ke depan” tutur Menteri Bambang.

Dalam Acara Pembukaan Musrenbangnas, Kementerian PPN/Bappenas telah menyerahkan dokumen Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024 kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024 tersebut menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 sebagai tahun pertama penjabaran RPJMN 2020-2024. RKP Tahun 2020 mengambil tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Pertumbuhan Berkualitas”.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla memberikan sambutan dan pengarahan bagi seluruh peserta Musrenbangnas. Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap agar SDM di Indonesia dapat terus termotivasi sehingga memiliki semangat yang tinggi untuk memajukan bangsa ini. “Kita berbicara bagaimana infrastruktur dan Sumber Daya Manusia dapat kita majukan secara bersama-sama. Sebab infrastruktur ini merupakan proyek yang tidak pernah berhenti” tutur Wakil Presiden Jusuf Kalla menutup rangkaian Pembukaan Pembukaan Musrenbangnas 2019.

132

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//