Choose Language
id us

Berita

Pengelolaan Danau Berkelanjutan: Sinergi Program dan Peran Para Pemangku Kepentingan

May 9th, 2017 4:00 pm


JAKARTA – Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Lokakarya Nasional: Pengelolaan Danau Berkelanjutan, Sinergi Program dan Peran Para Pemangku Kepentingan  pada Selasa (9/5) di Ruang Serbaguna Bappenas. Acara ini akan berlangsung selama dua hari hingga Rabu (10/5). Pada hari ini, acara dibuka oleh sambutan dari Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Gellwynn Jusuf.

Dalam sambutannya, Gellwynn menjelaskan lokakarya ini sebagai upaya mempertemukan berbagai pihak untuk memberikan pandangan mengenai upaya menyehatkan dan mengelola danau secara berkelanjutan. Pengelolaan danau yang berkelanjutan ini telah menjadi komitmen banyak negara, terutama untuk penyelamatan ekosistem danau.

“Indonesia sendiri memiliki 840 danau yang perlu dikelola dengan baik. Apalagi setiap danau memiliki karakter yang berbeda satu sama lain dengan permasalahan dan tantangan berbeda sehingga membutuhkan penanganan yang berbeda-beda pula. Beragam masukan dalam lokakarya ini dapat melengkapi upaya pemerintah dalam mendukung pengelolaan danau yang berkelanjutan,” jelas Gellwynn.

Penyelenggaraan lokakarya pengelolaan danau memiliki tiga tujuan utama. Pertama, mengindentifikasi isu-isu penting dalam pengelolaan danau. Kedua, mendapatkan solusi penanganan permasalahan danau mulai dari titik perencanaa, kelembagaan hingga regulasi yang secara strategis berperan dalam pengelolaan danau berkelanjutan. Ketiga, membangun koordinasi antar pemangku kepentingan untuk mewujudkan keseimbangan aspek ekologi dan ekonomi dalam mendukung pembangunan nasional dan daerah.

Lokakarya pada hari pertama ini terdiri dari dua sesi diskusi yang menghadirkan para pembicara kompeten di bidangnya. Sesi diskusi pertama dipandu oleh moderator Dedi M. Masykur Riyadi dengan para pembicara antara lain Hilman Nugroho (Dirjen PDASHL, KHLK) yang menyampaikan ‘Hasil dan Tindak Lanjut World Lake Conference (WLC) di Bali pada 2016’, Dosen Universitas Helsinki Pasi Lehmusluoto dari Finlandia memaparkan tentang ‘Who Can Manage the Indonesian Lakes, Can Manage the Indonesian’, dan Sigid Hariyadi (Fakultas Kelautan dan Ilmu Perikanan ITB) yang menjelaskan ‘Pengelolaan Danau secara Terintegrasi dari Berbagai Aspek Pemanfaatan Hulu-Hilir’.

Sementara itu, sedi diskusi kedua dipandu oleh moderator Direktur Sistem dan Prosedur Pendanaan Pembangunan Bappenas Basah Hernowo. Para pembicara pada sesi kedua yaitu, Gadis Sri Haryani (Pusat Penelitian Limnologi LIPI) yang menyampaikan ‘Pengelolaan Danau dalam Perspektif Limnologi’, William M. Putuhena (Kapuslitbang SDA Kementerian PUPR) memaparkan Pengelolaan Infrastruktur Sumber Daya Air Danau secara Berkelanjutan’, Husnah (Pusat Riset Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan) menjelaskan ‘Tantangan Riset Aplikasi Sustainable Fisheries  dalam  Mendukung Pemanfaatan Danau yang Berwawasan Lingkungan’ serta Ermy Sri Ardhyanti (Article 33) yang memberikan tanggapan atas pemaparan para pembicara.

Tindak lanjut hasil lokakarya pengelolaan danau berkelanjutan ini adalah untuk memberikan pijakan dalam penyusunan kebijakan, serta membangun sinergi antara pemangku kepentingan, baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyelesaikan permasalahan pengelolaan danau di Indonesia ke depan.

2038

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved