Choose Language
id us

Pemerintah Dukung Peran Jurnalis Menyiarkan Isu Perubahan Iklim

May 25th, 2016 6:10 pm


JAKARTA – Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas selaku Sekretaris Majelis Wali Amanat ICCTF Wahyuningsih Darajati menyatakan peran media sangat vital untuk menyiarkan isu perubahan iklim dalam sambutannya pada acara peluncuran Kompetisi Jurnalistik ICCTF Media Fellowship 2016 di Bappenas, Rabu (25/05).

Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) kembali memberikan beasiswa liputan untuk para jurnalis yang mengangkat isu penanggulangan perubahan iklim. ICCTF Media Fellowship kali ini bertema “Bersama Jaga Suhu Bumi”. Beasiswa liputan tersebut diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi semua pihak dan meningkatkan kualitas liputan media dalam penanganan perubahan iklim.

Wahyuningsih mengatakan, “Media mempunyai peran yang sangat penting yaitu membangun pemahaman publik. Untuk memberikan informasi penting dengan cara yang lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Media menjadi kunci bagi kami untuk suksesnya pemahaman tentang perubahan iklim yang sudah tidak bisa dihindari lagi. Bagaimana kita semua harus beradaptasi dengan kondisi perubahan iklim saat ini dan menanggulanginya.”

Untuk mencapai target nasional penurunan emisi gas rumah kaca dan peningkatan ketahanan iklim, peran media sangat penting dalam upaya meningkatkan kesadaran dan membangun opini publik akan pentingnya keterlibatan semua sektor masyarakat dalam melakukan aksi penanganan perubahan iklim baik melalui mitigasi maupun adaptasi.

Maka menurut Wahyuningsih kapasitas jurnalis media perlu ditingkatkan. Selain bekerjasama dengan media sejak 2013 dalam memberitakan isu perubahan iklim, ICCTF juga mengadakan Media Fellowship yang terbuka bagi jurnalis media cetak, online maupun media elektronik di seluruh Indonesia.

Tim jurnalis diundang untuk mengirimkan proposal liputan penanggulangan perubahan iklim. Kemudian lima tim terpilih akan berkesempatan mengikuti workshop peliputan dan mentoring dari Lembaga Pers Dr.Soetomo (LDPS) serta mendapatkan pendanaan peliputan. Jurnalis terbaik dalam kompetisi ini pun berhak mendapatkan kesempatan menghadiri dan meliput acara Conference of Parties (COP)-UNFCC ke-22 di Maroko.

Sekilas pandangan, Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) merupakan instrumen kunci bagi pemerintah Indonesia dalam mencapai target mitigasi dan adaptasi melalui implementasi RAN/RAD-GRK dan RAN-API. ICCTF mendukung target penurunan emisi Indonesia sebesar 29 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen dengan bantuan bantuan internasional pada tahun 2030. ICCTF juga mendukung target peningkatan ketahanan iklim setidaknya di 15 daerah dalam 5 tahun ke depan. ICCTF adalah satu-satunya institusi trust fund untuk pendanaan perubahan iklim di Indonesia yang dilengkapi dengan mandat pemerintah.

613

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//