Choose Language
id us

Berita Kerjasama

Peluncuran Laporan Tahunan KSST 2015

August 19th, 2016 8:55 pm


JAKARTA – Tim Koordinasi Nasional Kerja sama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) dengan Kementerian PPN/Bappenas yang menjadi salah satu anggotanya, meluncurkan Laporan Tahunan KSST 2015 di Ruang Serbaguna Kementerian PPN/Bappenas pada Jumat (12/8).

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Kementerian PPN/Sestama Bappenas Imron Bulkin mewakili Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P. S. Brodjonegoro. Dalam sambutannya Ia menyampaikan peran KSST menjadi salah satu modalitas dalam mencapai tujuan pembangunan, baik dalam lingkup global maupun nasional sebagaimana tercantum dalam RPJPN dan RPJMN.

“Bagi Indonesia, KSST harus dapat dimanfaatkan bagi kepentingan nasional dan peningkatan ekonomi melalui perluasan pasar, peningkatan ekspor, serta investasi perusahaan Indonesia di negara-negara berkembang lainnya, yang pada akhirnya mendorong pencapaian tujuan pembangunan nasional,” jelas Menteri Bambang sebagaimana disampaikan.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mengenalkan kepada stakeholder mengenai KSST sebagai mekanisme kerjasama yang banyak memberikan manfaat, baik bagi negara pemberi maupun penerima bantuan. Terutama Indonesia yang saat ini posisinya juga menjadi Negara pemberi bantuan sehingga dapat menunjukkan citra positif di mata internasional.

Laporan Tahunan tersebut disampaikan kepada publik sebagai salah satu bentuk transparansi dan akuntabilitas. Dalam kurun waktu satu tahun, tercatat setidaknya 57 kegiatan yang telah dilaksanakan dan diikuti oleh 652 peserta yang berasal dari 42 negara. Ke depannya KSST diharapkan dapat semakin meningkatkan kesejahteraan bangsa sesuai dengan tagline “Better Partnership for Prosperity”.

Acara ini mengundang perwakilan dari berbagai institusi mulai dari Kementerian/ Lembaga terkait, BUMN dan pihak swasta, akademisi hingga mitra pembangunan. Hadir pula Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Wismana Adi Suryabrata; Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Rizky Ferianto; dan Direktur Politik Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Internasional Dewo Broto Joko selaku Ketua Tim Koordinaasi Nasional.

Dalam sesi Talkshow bertajuk Endorsement: Benefit KSST dari sisi Ekonomi dan Dukungan Pemerintah, selain Dewo hadir sebagai pembicara antara lain Rika Kiswardani (kepala Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri), Ando Naoki (Chief Representative JICA Indonesia), Tri Mumpuni Wiyatno (Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan) dan Hendro Wijayanto (Direktur Utama CV Karya Hidup Sentosa/ Quick Tractors).

1264

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved