Choose Language
id us

Berita Utama

Peluncuran Laman Jejaring Lapangan Kerja Bagi Kaum Muda Indonesia (JEJAKMU)

June 3rd, 2016 2:42 pm


JAKARTA – Pada Jumat (6/6), Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil menghadiri acara Peluncuran Laman Resmi Jejaring Lapangan Kerja bagi Kaum Muda Indonesia (Jejakmu.com) di Ruang Rapat Utama Bappenas. Laman Jejakmu merupakan laman yang berfungsi sebagai wadah untuk berkumpul, bersilahturahmi, berasosiasi serta mencari informasi-informasi penting, seperti informasi lapangan kerja atau beasiswa yang ditujukan bagi kaum muda.

“Bappenas akan mencari dukungan, support atau sponsor sehingga laman Jejakmu.com bisa dikelola dengan baik dan profesional. Saya pikir jika lama ini dapat dikelola dengan serius dan profesional maka kedepannya program jejakmu akan berkembang menjadi lebih besar dan bermanfaat bagi orang lain,” jelas Menteri Sofyan.

Menteri Sofyan juga mengemukakan bahwa nantinya program Jejakmu ini harus dikelola oleh pemerintah sehingga program ini dapat sustainable. Dengan diluncurkannya laman ini, diharapkan kaum muda mendapatkan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi-informasi penting sehingga usia muda dapat mengembangkan kreatifitas serta meningkatkan kompetensi kerja maupun kemampuan berwirausaha.

“Menuju kesuksesan pada dasarnya selalu dihadapi oleh tantangan yang berat sekali, terutama dalam sistem pendidikan yang justru membuat anak-anak muda yang terdidik tidak memiliki skill, ditambah lapangan kerja tidak cukup tercipta, serta environment untuk menciptakan tumbuhnya enterpreneur tidak cukup berkembang, yang pada akhirnya menjadi sumber distabilisasi dan menyebabkan youth unemployement. Oleh sebab itu, dengan adanya laman Jejakmu saya rasa bisa merubah sistem pendidikan yang ada,” tambah beliau.

Tenaga kerja muda merupakan jantung pembangunan. Melalui pemuda yang produktif, semua tantangan dan kesempatan untuk menjadi negara yang maju akan dapat diatasi dengan mudah. “Ayo kita perbaiki dengan menyiapkan skill terhadap anak-anak muda sehingga dengan begitu diharapkan youth unemployement akan berkurang. Selin itu kita pertumbuhan ekonomi terus kita dorong melalui deregulasi sehingga investasi di Indonesia dapat berkembang dan dapat menciptakan lapangan kerja nantinya,” tutup Menteri Sofyan diakahir sambutan.

Selain itu dalam acara ini adapun talkshow dengan tema “Meningkatkan Peran Tenaga Kerja Muda dalam Pembangunan”. Pembicara yang hadir adalah Direktur Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Bappenas, Maliki; Direktur Jenderal pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Hery Sudarmanto; Program Director Plan International Indonesia, Nono Sumarsono; Human Capital PT. Brantas Abipraya Syafriyadi MML; Education Program Director Axioo PT. Mabito Karya Indonesia, Timmy Theopelus; Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial, Antonius J. Supit dan Didik Sunardi; serta dimoderatori oleh Yanti Triwadiantini (Executive Director Indonesia Business Links).

743

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved