Choose Language
id us

Berita Pembangunan

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Bali dalam Rangka Penyusunan RKPD Provinsi Bali 2018

March 21st, 2017 1:25 pm


JAKARTA – Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Imron Bulkin memberikan arahan dalam Pembukaan Acara Musyarawah Perencanaan Pembangunan Provinsi Bali (Musrenbangprov Bali) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Bali Tahun 2018, yang diselenggarakan di Kantor Gubernur Bali, pada Selasa (21/3).

Dalam kesempatan tersebut, Imron Bulkin menyampaikan bahwa sebagaimana arahan Presiden, pertumbuhan ekonomi di Tahun 2018 diharapkan tumbuh sebasar 6,1 persen. Beliau menjelaskan terdapat enam sektor utama yang memiliki sumbangan terbesar terhadap pertumbuhan, yaitu industri pengolahan, pertanian, perdagangan, informasi dan komunikasi, konstruksi, serta jasa keuangan.

Untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,1 persen, peran pemerintah sangat penting, dan beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu melakukan investasi secara selektif dengan merelokasi belanja non produktif  ke belanja investasi, mendorong produktivitas dan peningkatan aktivitas sektor swasta untuk mendukung infrastruktur listrik, infrastruktur transportasi dan logistik, terutama pelabuhan, pembangunan jalan untuk menempuh konektivitas.

“Perlu upaya lain dari pemerintah untuk mendorong ekonomi yang dapat dilakukan dengan tiga hal, yaitu peningkatan investasi swasta melalui penghapusan hambatan-hambatan yang dirasakan dalam mendorong pertumbuhan enam sektor utama, pembenahan iklim investasi di daerah, pemanfaatan dana penyaluran dana rapatriasi untuk investasi, serta menjaga daya beli masyarakat, serta reformasi struktural,” jelas Imron Bulkin.

Tema pembangunan yang telah ditetapkan dalam RKP tahun 2018, yaitu “Memacu Investasi dan Infrastruktur Untuk Pertumbuhan dan Pemerataan”. Tema pembangunan 2018 yang menekankan pada investasi dan percepatan pembangunan infrastruktur ini diharapkan dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di tahun 2018 mendatang serta sekaligus mengurangi ketimpangan yang ada baik antar individu maupun antar wilayah.

Imron Bulkin berharap pertumbuhan ekonomi di Bali dapat tumbuh sebesar 6,33 persen dengan tingkat kemiskinan 4,14 persen dan tingkat pengangguran 1,7 persen. Belia juga menyarankan pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali perlu didukung oleh sektor-sektor penyediaan akomodasi dan makan minum, sektor Pertanian, Kehutanan, & Perikanan, sektor Transportasi & Pergudangan, dan sektor konstruksi.

“Pemerintah daerah perlu menjaga pertumbuhan keempat sektor tersebut agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Bali. Saya rasa pelaksanaan rangkaian Musrenbang di Provinsi Bali perlu difokuskan pada pelaksanaan pertemuan multi sektor dan kewilayahan untuk mendukung upaya sinergi perencanaan antara pusat dan daerah” ujar Imron.

1181

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//