Choose Language
id us

Musrenbangprov Dki Jakarta: Menteri Bambang Dorong Perekonomian DKI Jakarta Lebih Tinggi dengan Investasi

April 10th, 2019 9:14 pm


JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menekankan perekonomian Provinsi DKI Jakarta menjadi kunci perekonomian nasional karena merupakan salah satu sumber perekonomian terbesar di Indonesia. “Kami dari Pemerintah Pusat berterima kasih karena laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Provinsi DKI Jakarta dalam lima tahun terakhir selalu tumbuh cukup jauh diatas LPE Nasional. Ini merupakan prestasi dan sangat membantu perekonomian nasional,” jelas Menteri Bambang dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi (Musrenbangprov) DKI Jakarta dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Daerah (RKPD) 2020, Rabu (10/4).

Pada 2018, pertumbuhan ekonomi Provinsi DKI Jakarta mencapai 6,17 persen. Sektor dengan andil terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi DKI Jakarta adalah informasi dan komunikasi, yaitu 1,02 persen. Kemudian, disusul sektor perdagangan besar dan eceran sebesar 1,00 persen, sektor industri pengolahan sebesar 0,72 persen, sektor jasa perusahaan sebesar 0,69 persen, dan sektor jasa keuangan dan asuransi sebesar 0,29 persen. Angka kemiskinan Provinsi DKI Jakarta juga cukup baik, yaitu sebesar 3,55 persen, berada jauh di bawah angka kemiskinan nasional sebesar 9,66 persen, kecuali Kabupaten Kepulauan Seribu yang masih tinggi yang berada di angka 11,98 persen.

Dalam sambutannya, Menteri Bambang menekankan langkah strategis yang harus dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mendorong perekonomian yang lebih tinggi adalah dengan fokus pada investasi. “Elemen penting yang dapat dipegang oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam konteks pertumbuhan ekonomi adalah memastikan pertumbuhan investasi selalu berada diatas pertumbuhan konsumsi. Dengan investasi, pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan akan menjadi lebih cepat dan akan sehat. Dengan investasi dapat menciptakan lapangan pekerjaan sehingga akan dapat menurunkan angka kemiskinan,” jelas Menteri Bambang.

Kegiatan Musrenbangprov merupakan kegiatan tahunan dengan harapan dapat menjadi proses participatory planning untuk menyerap kebutuhan dan aspirasi pemangku kepentingan pemerintah provinsi. Pelaksanaan rangkaian Musrenbang prov DKI Jakarta difokuskan pada pelaksanaan pertemuan multi-sektor dan kewilayahan untuk mendukung upaya sinergi perencanaan antara pusat dan daerah. Dalam pembahasan dengan masing-masing kabupaten/kota, dilakukan penajaman program dan proyek, pendetailan perencanaan yang lebih fokus dan terintegrasi dengan program/kegiatan prioritas nasional termasuk lokus kegiatan/proyek berikut kesiapan yang diperlukan, penguatan integrasi pendanaan baik antara APBN/D termasuk DAK, BUMN/D, dan sumber pendanaan lainnya, serta memastikan program dan proyek mendukung pencapaian SDGs.

028

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//