Choose Language
id us

Berita

Musrenbangprov DKI Jakarta Dukung Peningkatan Investasi Dan Infrastruktur Untuk Pertumbuhan Dan Pemerataan

March 29th, 2017 5:24 pm


JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas diwakili Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Wismana Adi Suryabrata memberikan paparan dalam pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat pada Rabu (29/3).

Dalam kesempatan itu, Wismana menyampaikan beberapa hal antara lain: (1) Kerangka Makro dan Wilayah; (2) Rancangan tema, prioritas nasional dan program prioritas; (3) Kebijakan penyelarasan RKPD dengan RKP Tahun 2018; dan (4) Prioritas Nasional Rancangan Awal RKP 2018 di Provinsi DKI Jakarta. Dalam Rancangan Rencana Kerja Pemerintah 2018 terdapat 10 Prioritas Nasional dan 30 Program Prioritas dengan penguatan pelaksanaan kebijakan Money Follow Program dan pendekatan holistik-tematik, integratif dan spasial.

Wismana juga menekankan bahwa pembangunan infrastruktur tidak harus semuanya menggunakan dana dari pemerintah, tetapi dapat bekerjasama dengan swasta. Ke depannya diharapkan pembangunan tidak lagi semata bersumber dari APBN, misalnya dapat berbentuk Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Sebab, selain tetap berfokus pada pembangunan infrastruktur, pada RKP 2018 perlu memacu investasi lebih banyak lagi sekaligus tetap memerhatikan pertumbuhan dan pemerataan.

“Jadi di sini terlihat bahwa ada prioritas-prioritas nasional yang dilakukan di setiap wilayah secara terintegrasi dan dengan sumber pendanaan yang tidak hanya dari pemerintah. Dana pemerintah pun harus dibagi-bagi, yang mana porsinya belanja Kementerian/Lembaga, belanja non-APBD dan juga mana yang sebetulnya kita bisa gandeng pihak swasta,” jelas Wismana.

Dalam paparannya, Wismana juga menyebutkan target pertumbuhan ekonomi 2018 dapat mencapai angka 6,1. Untuk mencapai nilai tersebut, utamanya digenjot dari industri pengolahan, pertanian, perdagangan, informasi dan komunikasi, konstruksi serta jasa keuangan. Pada 2018 pemerintah ingin berfokus pada tiga hal yaitu industri pengolahan, pertanian, dan pariwisata.

Hadir pula membuka acara tersebut, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono dan Ketua DPRD DKI Jakarta Edi Marsudi.

953

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//