Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Sofyan Tenaga Kerja Asing Mampu Didik Tenaga Kerja Indonesia

September 1st, 2015 3:28 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil menegaskan kedatangan tenaga kerja asing terutama tenaga kerja asal Tiongkok bukan sebagai ancaman dunia kerja Indonesia dan takkan berpengaruh bagi kondisi pengangguran dalam negeri. Pasalnya, tenaga kerja asing justru bisa dimanfaatkan sebagai medium transfer keahlian dan pengetahuan. “Mereka adalah aset untuk mendidik Tenaga Kerja Indonesia dalam berbagai bidang,”  ungkap Menteri Sofyan dalam pernyataan tertulis, Minggu (30/8).

Kolaborasi tenaga asing dan trasnfer pengetahuan serta keahlian diyakini mampu meningkatkan produktivitas nasional. Terlebih, pengusaha dan pekerja profesional Indonesia bisa memiliki nilai tambah karena mempunyai pengalaman kerja dengan tenaga kerja asing. Menteri Sofyan mencontohkan sejumlah sosok ternama di Indonesia meraih sukses berkat bekerja sama dengan tenaga kerja asing atau ekspatriat.

“Robby Djohan, pebisnis Tanri Abeng, Gubernur BI Agus Martowardojo, Budi Sadikin, Jahja Setiaatmadja, dan beribu orang lain menjadi profesional karena pernah bekerja bersama ekspatriat, baik di bank asing, perusahaan minyak, konsultan, asuransi, retailer, dan sebagainya,” tutur beliau.

Selain itu, ada pula para pekerja perusahaan Astra yang mendapat sertifikasi profesional karena bekerja dengan pekerja Jepang. Menteri Sofyan juga merujuk pada kesuksesan Singapura dalam hal mengundang ekspatriat untuk bekerja dan menetap sebagai warga negara, layaknya green card yang diberikan pemerintah Amerika Serikat untuk warga asing yang memiliki kapasitas mumpuni.

“Yang patut diwaspadai justru masuknya pekerja asing yang tidak membawa kemampuan, tidak punya keahlian karena mereka tak punya nilai tambah dalam mendorong pembangunan di tanah air,” tegas Menteri Sofyan.

419

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//