Choose Language
id us

Menteri Sofyan: Pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Bandung Bukan Prioritas Pemerintah

September 28th, 2015 4:57 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil menegaskan pemerintah tak lagi ikut campur terkait proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Kereta yang digadang mampu mengantarkan penumpang dari Jakarta menuju Bandung dan sebaliknya hanya dalam waktu sekitar 30 menit tersebut tak masuk dalam daftar program prioritas pemerintah. “Memang (kereta cepat) ada manfaatnya, tetapi pemerintah tak mau keluar uang,” pungkas beliau dalam temu wartawan di Kementerian PPN/Bappenas, Jum’at (25/8).

Menteri Sofyan memaparkan pemerintah mengamanatkan  proyek tersebut pada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)untuk dilanjutkan dengan skema business to business alias bisnis murni tanpa ada peran pemerintah. Ketiadaan peran tersebut, selain karena eksistensi kereta api Jakarta-Bandung, juga disebabkan tiga faktor utama.

Pertama, tersedianya akses jalan yang cukup bagus dan variatif.  Saat ini, perjalanan menuju Bandung bisa ditempuh dengan jalur akses tol Cipularang dan Sentul. Ada pula jalur nontol via Puncak serta pembangunan tol Cikampek II. Kedua, rencana pembangunan proyek kereta cepat tak pernah muncul dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. 

Ketiga, Menteri Sofyan memastikan dana negara diprioritaskan untuk pembangunan daerah. Sebab, sesuai dengan Nawa Cita butir ketiga, pemerintahan Presiden Joko Widodo dengan jelas menetapkan agenda prioritas membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. "Pemerintah tidak (melaksanakan proyek), tetapi kalau swasta silakan," tandasnya.

401

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//