Choose Language
id us

Berita Kerjasama

Menteri Sofyan: Konsultan Indonesia Harus Miliki Kualifikasi Internasional

September 18th, 2015 3:21 pm


Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil menerima kunjungan Ketua Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Nugroho Pudji Raharjo  beserta delegasi di Kementerian PPN/Bappenas, Kamis (18/9).  Pertemuan tersebut digelar untuk membahas realitas dan tantangan kiprah konsultan di Indonesia.

Nugroho mengungkapkan, konsultan Indonesia memiliki sejumlah tantangan utama, termasuk persyaratan keahlian yang menyebutkan pengalaman kerja di luar negeri pada loan agreement. Pasalnya, hampir seluruh konsultan asal Indonesia hanya memiliki pengalaman dalam negeri dan belum melebarkan sayap menangani klien luar negeri. “Kalau disyaratkan pengalaman di luar negeri, bisa menghambat,” tukasnya.

Menteri Sofyan menegaskan, untuk mewujudkan best practice, konsultan Indonesia harus memiliki kualifikasi dan klasifikasi internasional. Dengan kondisi perekonomian Indonesia yang semakin membesar, pengalaman luar negeri menjadi satu hal yang krusial untuk pengembangan kapasitas konsultan. “Kemampuan konsultan harus berkembang cepat, dari feasibility study, detail engineering design, sampai pengawasan harus punya skala internasional,” tegas beliau.

707

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//