Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Bambang Tegaskan Infrastruktur Bukan Tujuan, Melainkan Alat Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

January 22nd, 2019 5:17 pm


JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan saat ini pemerintah sedang gencar membangun infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Namun selain infrastruktur, aspek lain yang tidak kalah penting adalah Sumber Daya Manusia (SDM). “Lima tahun ini, pemerintah sudah memberikan prioritas yang besar pada infrastruktur. Pertanyaannya sekarang, what’s next? Apa kita akan membangun infrastruktur lebih banyak lagi atau membangun sesuatu? Di satu sisi kita sudah mulai bicara mengenai orangnya, pembangunan SDM. Namun infrastuktur yang akan kita dorong lima tahun ke depan adalah pengembangan wilayah dengan memanfaatkan infrastruktur yang dibangun,” jelas beliau dalam Indonesia Development and Business Summit New Construction Opportunity 2019 Beyond Infrastructures di Hotel Kempinski, pada Selasa (22/1).

Stok infrastruktur rata-rata dunia adalah sekitar 70 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). China misalnya memiliki stok infrastruktur sebesar 76 persen, India 57 persen, sedangkan Indonesia hanya memiliki 43 persen. Padahal jika stok infrastruktur Indonesia naik, maka PDB akan terdorong, dan ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pemerataan ekonomi kedepannya. Menteri Bambang melanjutkan, pembangunan infrastruktur itu bukan tujuan, melainkan alat atau sarana untuk menunjang dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan wilayah. Terlebih, infrastruktur yang menyangkut konektivitas dianggap penting untuk negara maritim seperti kita, apabila dibandingkan dengan negara lain yang wilayahnya berada di satu daratan yang sama.

“Jadi seperti yang saya katakan di awal, infrastruktur itu adalah alat, bukan tujuan. Jadi, kalau ada orang yang mengartikan infrastruktur sebagai tujuan, itu jelas salah. Tidak ada infrastruktur yang dibangun demi infrastruktur itu sendiri. Infrastruktur itu dibangun untuk menunjang yang lain. Ini yang harus ditolong. Dengan infrastruktur maka akan memajukan pengembangan wilayah,” tegas beliau.

448

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//