Choose Language
id us

Berita

Menteri Bambang Minta Blogger Tetap Kritis

August 29th, 2016 4:04 pm


JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P. S. Brodjonegoro menghadiri acara dialog “Kompasiana Tokoh Bicara” bersama para blogger pada Senin malam (29/8) di Gedung Utama Bappenas dan meminta rekan blogger tetap kritis serta dapat menyampaikan pesan-pesan yang dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk turut menggiatkan pembangunan ekonomi.

Menteri Bambang berkesempatan memberi paparan terkait arah dan strategi pembangunan nasional serta peran kuat Bappenas di dalamnya. Ia menyebutkan Bappenas saat ini harus berbeda dengan di masa lalu yaitu mampu menempatkan diri dalam konteks demokrasi dan desentralisasi. Juga tetap fokus pada tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Salah satu cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi saat ini yaitu mendorong sektor swasta dan partisipasi masyarakat untuk menggiatkan wirausaha.

“Saya berharap rekan-rekan blogger tetap kritis melihat apa yang dikerjakan pemerintah terutama oleh Bappenas. Diharapkan melalui tulisan para blogger dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk berwirausaha. Bappenas berupaya membuat perencanaan di bidang pembangunan ekonomi yang dapat mendukung sektor swasta,” tutur Menteri Bambang.

Selain itu Menteri Bambang juga menjelaskan peran Bappenas sebagai integrator sistem dalam pembangunan nasional. Para blogger pun mendapatkan asupan informasi lebih mendalam tentang RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang) , RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) dan RKP (Rencana Kerja Pemerintah). Adapun judul RKP 2017 adalah Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja, Mengurangi Kemiskinan dan Kesenjangan Antar Wilayah.

“RPJM adalah implementasi atau refleksi dari visi dan misi presiden dan harus dipastikan konsisten dengan RPJP. Tugas Bappenas memastikan itu, juga menerjemahkan RPJM  ke dalam implementasi yang bisa langsung dirasakan masyarakat. Mengenai judul RKP 2017, mari kita semua fokus pada kata-kata setelah kata ‘untuk’, sebab itulah yang harus menjadi tujuan utama kita di Bappenas,” jelasnya.

Dalam dialog bertajuk “Bappenas di Bawah Kepemimpinan Bambang P. S. Brodjonegoro” itu, sekitar 60 orang blogger berkumpul meramaikan acara. Hadir sebagai moderator, Liviana Cherlisa yang juga dikenal sebagai anchor salah satu televisi swasta. Para blogger pun berkesempatan berbincang langsung dan mengikuti kontes blog review melalui posting artikel terkait tema acara.

Acara ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mensosialisasikan perencanaan pembangunan nasional dengan pendekatan baru, sekaligus mengukuhkan eksistensi Bappenas yang semakin berkembang maju seiring perubahan jaman.

1065

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//