Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Bambang Memaparkan Scenario Planning dalam Forum Manajemen

March 14th, 2017 1:50 pm


JAKARTA – Pada Selasa (14/3), Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjadi pembicara dalam acara Forum Manajemen bertajuk Talk to The Experts: Scenario Planning – Mengembangkan Strategi Inovatif untuk Menaklukkan Ketidakpastian yang berlangsung di Gathering Room PPM Manajemen, Jakarta Pusat. Hadir pula sebagai narasumber, Core Faculty PPM School of Management Andi Ilham Said serta Founder and CEO Value Alignment Advisory Riri Satria.

Tujuan dari seminar ini untuk berbagi pengetahuan agar para peserta dapat memahami Scenario Planning sebagai strategi ampuh menghadapi masa depan dan cara menerapkan Scenario Planning dalam perencanaan strategi organisasi, serta mengetahui praktik terbaik implementasinya dari berbagai organisasi, industri dan sektor.

Menteri Bambang menjelaskan, Scenario Planning  atau Perencanaan Skenario adalah perencanaan strategis untuk mencapai tujuan yang lebih jelas dalam situasi ketidakpastian eksternal dan internal yang berisiko. Perencanaan ini menggali setiap kemungkinan peluang di masa depan dan persiapan menghadapi tantangan kompetitif yang akan datang.

“Dari kata kunci tersebut (ketidakpastian eksternal dan internal) ketidakpastian eksternal pasti ada dan ketidakpastian internal juga penting (untuk diwaspadai). Faktor internal juga bisa beresiko tinggi sama seperti faktor eksternal. Ketidakpastian itu akan selalu ada. Yang terpenting adalah bagaimana dengan Scenario Planning itu kita bisa paling tidak memitigasi dampak terburuk yang muncul kalau kondisi buruk benar-benar terjadi,” jelas Menteri Bambang.

Ia juga menyampaikan model perencanaan yang dilakukan di Bappenas bersifat jangka panjang yaitu Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) selama 25 tahun dan jangka menengah yaitu RPJMN selama 5 tahun yang dituangkan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) setiap tahunnya. Scenario Planning di dalamnya terwujud pada perencanaan yang bersifat teknokratis, ketika visi dan misi pemimpin negara memberikan ruh atau jiwanya pada perencanaan pembangunan nasional.

Pada kesempatan itu, Menteri Bambang juga memaparkan beberapa hal antara lain: (1) Perencanaan Strategis Kementerian PPN/Bappenas 2015-2019; (2) Perencanaan Tahunan Outlook Ekonomi Indonesia 2017; (3) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018; serta (4) Sekilas Perencanaan jangka panjang yaitu RPJMN, RPJPN dan Visi Indonesia 2045.

1680

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved