Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Bambang: Indonesia Akan Jadi Pemain Penting dalam Ekonomi Islam Dunia

August 1st, 2016 7:53 am


JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P. S. Brodjonegoro menjadi pembicara dalam siaran Economic Challenges di salah satu stasiun televisi swasta pada Senin (1/8) dan menyampaikan beberapa hal mengenai Islamic Finance atau keuangan syariah.

Bambang menyebutkan Indonesia harus mengirim pesan dalam World Islamic Economic Forum (WIEF) 2016 bahwa Indonesia akan menjadi pemain serius dalam bisnis keuangan syariah baik di sektor keuangan maupun sektor riil yang terkait dengan komunitas muslim.

“Jadi di sini berbicara Islamic Finance juga memerhatikan sampai hallal industry, creative industry yang kepentingannya untuk masyarakat muslim hingga yang mungkin jarang dibahas yaitu moslem friendly tourist destination atau bahasa mudahnya hallal tourism,” ujar Menteri Bambang.

Mengenai Islamic Finance atau keuangan syariah, Bambang membahas keterkaitannya dengan peran pengusaha atau pebisnis, terutama pengusaha muda dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Melihat kemiripan Islamic Finance dengan modal ventura, pengembangan melalui modal ventura berguna untuk menyokong pengusaha muda dan UMKM bersaing di level global. Selain itu ia juga membahas manfaat even WIEF dalam mendukung pengusaha muda dan UMKM.

“Dengan kita aktif dalam WIEF, utamanya dari sisi pelaku usaha, diharapkan pengusaha muda Indonesia bisa belajar dari pengusaha sukses lainnya dari dalam maupun luar negeri. Sehingga jika ada permintaan produk halal berbasis muslim kita sudah siap, juga siap dari sisi siapa yang memproduksi barang-barang tersebut untuk kebutuhan ke depannya.”

 

866

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//