Choose Language
id us

Menteri Bambang Dorong Perusahaan Uni Eropa Investasi dan Bangun Infrastruktur Nasional

February 3rd, 2017 1:44 pm


JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro menyampaikan Indonesian Economic Outlook 2017, pada acara EuroCham Event: Indonesia Economic and Investment Outlook 2017, di Ruang Nusantara BKPM, Kamis(2/2).

Menteri Bambang mengatakan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 2017 sesuai dengan yang diperkirakan, yaitu 5,1 hingga 5,3 persen, maka Indonesia perlu meningkatkan porsi investasi.

“Investasi Indonesia harus meningkat dari 5,4 hingga 5,6 persen. Kita tidak ingin menaruh terlalu banyak harapan pada ekspor karena diperkirakan masih adanya ketidakpastian global. Untuk itu, harapan harus bergeser dari ekspor ke investasi,” jelas Menteri Bambang.

Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Bambang mendorong implementasi pembangunan proyek infrastruktur nasional. “Salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional adalah dengan mengimplementasikan proyek infrastruktur, sesuai dengan yang direncanakan. Salah satu yang paling penting adalah pembangkit listrik, karena akan membantu Foreign Direct Investment (FDI) dan kemakmuran masyarakat Indonesia. Itu adalah kebutuhan dasar, tidak hanya untuk perusahaan dan investor asing, tetapi juga untuk masyarakat Indonesia,” jelas beliau.

Selain pembangkit listrik, pemerintah Indonesia juga merencanakan akan melakukan kerjasama terkait pembangunan jalan tol, bandar udara, pelabuhan, dan penyediaan air minum. Dalam hal ini, Menteri Bambang mendorong perusahaan-perusahaan Uni Eropa, yang merupakan pemain besar di pembangunan infrastruktur global, untuk mengikuti pelelangan proyek tertentu di Indonesia.

“Ketika anda memenangkan pelelangan, tidak perlu khawatir tentang kompetisi karena anda telah memenangkan konsesi. Di tahun 2017, terdapat 12 proyek kerjasama pemerintah dengan swasta (PPP) dalam tahap konstruksi, dengan nilai investasi sebesar 93,81 triliun; 6 proyek yang masih dalam PPP agreement dan financial close; 5 proyek dalam tahap pengadaan; dan 16 proyek yang dalam persiapan dan siap untuk ditawarkan,” pungkas beliau.

1038

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved