Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Bambang Brodjonegoro Dorong Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Perencana Pemerintah

January 11th, 2019 2:43 pm


JAKARTA – “Kepengurusan AP2I 2018-2021 ini diharapkan dapat mewujudkan organisasi perencana pemerintah yang profesional, serta mampu membangun kapasitas dan kompetensi perencana pemerintah dalam mendukung tugas dan fungsi perencanaan pembangunan baik di instansi pusat maupun daerah. Kepengurusan AP2I ini juga memiliki tugas dan fungsi yang strategis sehubungan dengan Pilpres dan Pilkada serentak di tahun ini, karena para perencana dapat berkontribusi menjabarkan visi dan misi Presiden terpilih ke dalam RPJMN atau para Kepala Daerah terpilih ke dalam RPJMD yang sinkron dan berkualitas, supaya dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan secara nasional,” jelas Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro sekaligus sebagai Ketua Dewan Penasehat Pengurus Nasional AP2I dalam acara Pengukuhan Pengurus Nasional Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia (AP2I) 2018-2021, Jumat (11/1), di Ruang Rapat Djunaedi Hadisumarto 1-3, Gedung Saleh Afif, Kementerian PPN/Bappenas.

Kepengurusan AP2I 2018-2021 ini terdiri dari Ketua Umum dan jajaran pengurus nasional, yang terdiri dari Sekretaris Jenderal, Bendahara Umum, Wakil Ketua Koordinator Kementerian/Lembaga dan Wilayah Barat, Tengah dan Timur, dilengkapi dengan Unsur Pelaksana yang terdiri dari tujuh Direktur, serta didukung oleh Tim Pakar dan Tim Penyiapan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Keanggotaan AP2I terdiri dari pejabat fungsional perencana ahli dari beberapa Kementerian/Lembaga/Daerah, antara lain Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Agama, Kementerian Kelautan dan Perikanan, LIPI, BPPT, BATAN, serta Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, dan Bappeda Kabupaten Jembrana Provinsi Bali, termasuk dari Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar.

Menteri Bambang juga memberikan arahan khususnya kepada Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas dan Kepala Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Kementerian PPN/Bappenas selaku Dewan Pembina AP2I untuk terus memfasilitasi AP2I agar dapat menjadi pionir dalam pengembangan profesi perencana pemerintah yang unggul dan berkualitas. Untuk itu, pembinaan profesi perencana ke depan akan difokuskan pada upaya pengarusutamaan jabatan fungsional perencana agar para perencana menjadi jabatan fungsional yang dibanggakan dan diperhitungkan dalam mendukung tugas dan fungsi perencanaan baik di pusat maupun daerah.

“Saya mengamanatkan Ketua Umum dan pengurus AP2I 2018-2021 untuk melaksanakan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya dan bersama-sama mengembangkan profesi perencana bagi lebih dari seribu anggotanya di berbagai instansi di pusat dan daerah. Keberadaan anggota tersebut menjadikan jejaring profesi yang sangat luas dan dapat berkolaborasi untuk mendukung tugas dan fungsi terkait perencanaan pembangunan di masing-masing instansi. Peningkatan kualitas dan kompetensi profesi perencana pemerintah secara nasional juga didukung melalui LSP perencana pemerintah sebagai kelanjutan dari proses yang telah diinisiasi AP2I sebelumnya,”pungkas Menteri Bambang.

644

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2019 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//