Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Andrinof Tekankan Pentingnya Riset Sebagai Katalisator Pertumbuhan Ekonomi

May 13th, 2015 9:29 am


Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menjadi salah seorang keynote speaker dalam Seminar Nasional Sains, Rekayasa, dan Teknologi 2015 yang digelar di Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pelita Harapan, Karawaci, Kamis (7/5). Dalam paparannya, Menteri Andrinof menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia harus memperhatikan dua aspek penting.

Pertama, pertumbuhan ekonomi harus memiliki kualitas yang baik. Menteri Andrinof menyebut Indonesia harus berkaca pada krisis ekonomi dan politik pada 1998 agar tak kembali terulang. “Indonesia harus menghindari pula ekonomi gelembung,” ungkap beliau.

Kedua, pertumbuhan ekonomi harus mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat di segala lapisan. Pasalnya, jika kondisi pembangunan yang masih cenderung terpusat di Pulau Jawa terus dibiarkan, pertumbuhan ekonomi yang melambung sekalipun akan menciptakan kesenjangan sosial, berpotensi memperlebar jurang ekonomi antar kelompok.

Suksesnya pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat juga tak lepas dari peran penting para akademisi yang mencetak calon pemimpin bangsa di universitas. Meski dengan dana riset yang masih cukup terbatas, Menteri Andrinof meminta akademisi terus giat melakukan riset yang mampu menjadi pedoman krusial dalam melaksanakan pembangunan. “Pemerintah mendukung kegiatan riset dan pengembangan agar menjadi penggerak dan katalisator bagi unit produksi, industri dan kawasan pertumbuhan ekonomi,” papar beliau.

Menteri Andrinof menekankan lima poin penting bagi akademisi, yakni (1) Perkuat penguasaan sains dan teknologi maju; (2)Bangun kemampuan menerapkan sains dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah (mengolah) sumber daya alam yang kita miliki; (3) Wujudkan kemampuan tersebut dalam bentuk inovasi teknologi; (4) Menumbuhkan wirausaha baru berbasis inovasi; (5) Bersinergi dengan program pemerintah seperti pembangunan Taman Sains dan Teman Tekno (Science and Techno Park).

633

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//