Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Andrinof Sebut Konferensi Asia Afrika Buka Peluang Perdagangan Indonesia

April 29th, 2015 7:21 am


Perhelatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang digelar di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April 2015 baru saja usai. Dalam rangkaian acara yang dihadiri perwakilan berbagai negara tersebut, Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menyelipkan paparan terkait dampak KAA bagi lahirnya forum kerja sama bisnis, terutamameningkatkan peluang perdagangan Indonesia. Latar belakang kesamaan historis antarnegara akan mempermudah proses kerja sama. KAA akan membuka peluang bagi Indonesia untuk langsung membicarakan kerja sama ekonomi.

Pemerintah kini tengah menyiapkan sumber daya manusia dan infrastruktur untuk meningkatkan daya saing Indonesia dalam menjual produk olahan. Pasalnya, Presiden Joko Widodo menegaskan tanah air takkan lagi menjual barang mentah. "Selain itu, Presiden Jokowi juga berpesan untuk mempercepat kemandirian ekonomi, pengolahan mineral, hasil tambang, dan penyelamatan sumber daya alam," papar Menteri Andrinof. 

Menilik sejarah, pemerintah Indonesia telah melaksanakan kerja sama ekonomi dengan negara anggota sejak KAA 1956. Sektor yang menjadi unggulan dalam Kerjasama Selatan-Selatan atau South South Cooperation adalah sektor pertanian, perikanan, kelautan, dan teknologi. Sementara untuk sektor energi, kerja sama yang telah dijalin antara  Afrika Selatan dan Indonesia adalah terkait pembangkit listrik. Kerja sama juga fokus pada pengembangan kooperasi di bidang perternakan melalui program inseminasi buatan pada ternak sapi yang menjadi area kewenangan Kementerian Pertanian.

Kerja sama sektor perikanan dijalin tanah air dengan dua negara, yakni Fiji dan Solomon. Ada pula program-program manajemen dan mitigasi bencana tsunami yang melibatkan lintas kementerian. Dalam melaksanakan kerja sama, Kementerian PPN/Bappenas memastikan rencana dan alokasi program tetap berpedoman pada Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

 Lebih lanjut, agendapemerintah yang tak kalah penting pada peringatan KAA adalah upaya untuk memperkuat solidaritas antaranegara yang tergabung dalam KAA, serta meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. "(KAA) meningkatkan solidaritas dan kerjasama diantara negara selatan. Kita semua teman dan sahabat," tutup Menteri Andrinof.

278

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//