Choose Language
id us

Berita Utama

Menteri Andrinof Sampaikan Latar Belakang Pembangunan 100 Technopark

May 13th, 2015 9:41 am


Dalam sambutannya di Acara Peletakkan Batu Pertama Science and Technopark di Universitas Teknologi Sumbawa pada Sabtu (9/5), Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menyampaikan latar belakang pembangunan Science dan Technopark di berbagai daerah. “Kita harus menyadari bahwa kita semakin ketinggalan sebagai bangsa, masyarakat, dan warga negara yang dianugerahi begitu banyak kekayaan alam,” ungkap beliau.

Menteri Andrinof menyebut peran industri Indonesia kian mengecil dan ketimpangan sosial ekonomi juga meningkat. Nasib para petani, buruh tani, buruh perkebunan, dan nelayan, juga semakin mengkhawatirkan karena absennya pemikiran visioner. Selain itu, selama puluhan tahun, Indonesia lebih fokus untuk menjual barang mentah, kekayaan alam, dan harta negara lainnya yang menghasilkan margin keuntungan luar biasa bagi negara lain.

Tugas besar yang menanti pemerintah adalah menemukan solusi agar dapat memanfaatkan sumber daya alam secara tepat dan sesuai amanat pasal 33 ayat 3 UUD 1945. “Jangan menyimpangkan isi pasal tersebut menjadi dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran segelintir pihak,” tegas beliau.

Pemerintah harus mencari jalan untuk bangkit menuju ekonomi yang berkualitas, yakni dengan menerapkan kebijakan pelarangan ekspor bahan mentah, gerakan penyelamatan sumber daya alam, dan pembatalan pembangunan proyek kereta api batubara yang dapat menghidupkan kembali sistem kolonial. Program pembangunan 100 Technopark sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 juga menjadi prioritas.

Kementerian PPN/Bappenas kini tengah menjalin komunikasi intensif dengan sejumlah kementerian untuk mengawal agenda pembangunan Technopark tersebut. “Kita harus menjadi bangsa produsen dan mandiri, yang salah satu caranya dengan memanfaatkan IPTEK dan menggunakan SDM terampil dan berkualitas,” pungkas Menteri Andrinof.

376

Berita Terkait

Comments

Tinggalkan Komentar


(Email anda tidak akan dilihat oleh publik)


Captcha Code

Click the image to see another captcha.

Peta Situs | Beranda | FAQs | Kontak Kami

Situs ini dibangun dengan tampilan adaptif yang otomatis menyesuaikan bila anda menggunakan perangkat mobile

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
Jalan Taman Suropati No.2 Jakarta 10310,
Telp. 021 3193 6207 Fax 021 3145 374

 
Copyright © 2020 Kementerian PPN / Bappenas
All Rights Reserved
//